HUBUNGAN UKURAN TUMOR PADA KANKER PAYUDARA DENGAN KELAS PERAWATAN DI RS MRCCC SILOAM SEMANGGI PERIODE JANUARI 2013 - FEBRUARI 2015

VANDIANTO, Yofishia (2016) HUBUNGAN UKURAN TUMOR PADA KANKER PAYUDARA DENGAN KELAS PERAWATAN DI RS MRCCC SILOAM SEMANGGI PERIODE JANUARI 2013 - FEBRUARI 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kanker payudara merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang sering terjadi pada perempuan di seluruh penjuru dunia. Faktor social ekonomi menjadi masalah utama bagi setiap perempuan dengan kanker payudara. Karena masyarakat sensitif terhadap penghasilannya, maka peneliti menghubungkan ukuran tumor pada kanker payudara perempuan dengan kelas perawatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara ukuran tumor pada kanker payudara dengan kelas perawatan (kelas 3, 2, 1, VIP) di RS MRCCC Siloam Semanggi Jakarta periode Januari 2013 - Februari 2015. Desain penelitian yang digunakan adalah analytic-cros sectional: sampel diperoleh dari hasil consecutive non-random sampling. Sampel yang terkumpul adalah 113 kasus. Dari hasil data penelitian didapatkan hubungan yang tidak bermakna secara statistik (P value 0,346) namun secara epidemiologi bermakna PR 1,404. Karena penderita yang dirawat dikelas 2 atau kelas 3 memiliki risiko1,4x dibandingkan dengan pasien yang dirawat kelas 1 dan VIP untuk memiliki tumor lebih dari 5cm atau yang sudah mengenai kulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sugiharto, Sony
Uncontrolled Keywords: kanker payudara, besar ukuran tumor, ruang perawatan, pembayaran, asuransi.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:48
Last Modified: 27 May 2024 13:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27368

Actions (login required)

View Item View Item