PENGARUH DAYA TARIK IKLAN E-COMMERCE TERHADAP BRAND TRUST KONSUMEN (SURVEI TERHADAP MASYARAKAT DAERAH JAKARTA BARAT YANG MENONTON IKLAN TOKOPEDIA #MULAIAJADULU DI YOUTUBE)

FERNALDO, FERNALDO (2020) PENGARUH DAYA TARIK IKLAN E-COMMERCE TERHADAP BRAND TRUST KONSUMEN (SURVEI TERHADAP MASYARAKAT DAERAH JAKARTA BARAT YANG MENONTON IKLAN TOKOPEDIA #MULAIAJADULU DI YOUTUBE). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Abstrakfernaldo.pdf

Download (187kB)

Abstract

Daya tarik iklan dapat dipahami sebagai sesuatu yang menggerakkan orang, berbicara mengenai keinginan atau kebutuhan mereka, dan membangkitkan ketertarikan mereka. Daya tarik iklan sangat penting karena akan meningkatkan keberhasilan komunikasi dengan konsumen. Suatu iklan dengan daya tarik iklan yang tinggi dapat menciptakan kepercayaan akan suatu merek (brand trust). Brand trust adalah keinginan pelanggan untuk bersandar pada sebuah merek dengan resiko-resiko yang dihadapi karena ekspektasi terhadap merek itu akan menyebabkan hasil yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh daya tarik iklan e-commerce terhadap brand trust konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan Tokopedia sebagai unit observasi. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 118 responden yang mengetahui dan menonton iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu dan berdomisili di Jakarta Barat. Analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Sciences dengan aplikasi SPSS for windows 15. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara daya tarik iklan e-commerce terhadap brand trust konsumen Tokopedia. Daya tarik iklan memiliki pengaruh sebesar 53,3% terhadap brand trust. Apabila daya tarik iklan meningkat maka brand trust konsumen juga akan meningkat. Sebaliknya, apabila daya tarik iklan menurun maka brand trust konsumen juga akan ikut menurun. Kata kunci: daya tarik iklan, e-commerce, brand trust.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 03:11
Last Modified: 04 May 2021 03:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27382

Actions (login required)

View Item View Item