GPREVALENSI SOIL-TRANSMIITED HELMINTH DI TANAH TAMAN PERUMAHAN KECAMATAN GROGOL, CENGKARENG, DAN KALIDERES JAKARTA BARAT

Apriyan, Fandi (2015) GPREVALENSI SOIL-TRANSMIITED HELMINTH DI TANAH TAMAN PERUMAHAN KECAMATAN GROGOL, CENGKARENG, DAN KALIDERES JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tanah merupakan sumber penularan STH. Namun penelitian tentang tanah dalam kaitannya dengan infeksi STH masih sangat sedikit. Perumahan Grogol, Cengkareng, dan Kalideres banyak memiliki taman perumahan yang beralaskan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi STH di tanah taman perumahan Kecamatan Grogol, Cengkareng, dan Kalideres Jakarta Barat. Studi cross-sectional ini dilakukan dari bulan Mei sampai dengan Juni 2015. Sampel dipilih secara convenience non-random sampling. Total 92 sampel dikumpulkan, yang terdiri dari 4 sampel dari Kecamatan Grogol, 36 sampel dari Kecamatan Cengkareng, dan 52 sampel dari Kecamatan Kalideres. Sampel diproses dengan metode flotasi Brine dan dilanjutkan dengan pemeriksaan mikroskopik secara langsung. Hasil penelitian didapatkan prevalensi STH adalah 14%. Dari prevalensi tersebut, 1% STH ditemukan di Kecamatan Grogol, 5,4% di Kecamatan Cengkareng, dan 7,6% di Kecamatan Kalideres.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Song, Chrismerry
Uncontrolled Keywords: STH, tanah.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:16
Last Modified: 28 May 2024 02:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27412

Actions (login required)

View Item View Item