GAMBARAN SIKLUS MENSTRUASI BERDASARKAN STATUS GIZI PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA PERIODE AGUSTUS – NOVEMBER 2015

DINDA, Jessica Nadia (2016) GAMBARAN SIKLUS MENSTRUASI BERDASARKAN STATUS GIZI PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA PERIODE AGUSTUS – NOVEMBER 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (488kB)
[img] Text
reference.pdf

Download (734kB)

Abstract

Masa remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak menuju dewasa. Hal ini ditandai dengan perubahan fisik, psikis, dan psikososial. Remaja putri khususnya mengalami pubertas yang ditandai dengan permulaan menstruasi (menarche). Berbagai hormon yang mengatur siklus menstruasi setiap bulannya berasal dari kolesterol. Banyak faktor yang berperan dalam siklus menstruasi, salah satunya adalah perubahan hormonal, genetik, dan status gizi. Untuk itu pada perempuan yang sudah mengalami menstruasi dibutuhkan gizi yang baik dalam membantu petumbuhan, termasuk keteraturan siklus menstruasi. Asupan yang kurang maupun berlebih dapat berdampak pada berbagai gangguan menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran siklus menstruasi pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Jakarta. Desain penelitian yang dipakai adalah deskriptif dengan rancangan penelitian cross sectional. Hasil pengolahan data dari 97 sampel, didapatkan jumlah responden yang mempunyai status gizi kurus sebanyak 16 orang (16,5%), status gizi normal sebanyak 70 responden (72,2%), dan status gizi gemuk sebanyak 11 responden (11,3%). Sebanyak 77 responden (79,4%) mengalami keteraturan menstruasi, dimana 11 responden (11,3%) dengan status gizi kurus, 57 responden (58,8%) dengan status gizi normal, dan 9 responden (9,3%) dengan status gizi gemuk. Tidak didapatkan responden yang mengalami ketidakteraturan menstruasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lontoh, Susy Olivia
Uncontrolled Keywords: Siklus Menstruasi, Status Gizi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:13
Last Modified: 27 Oct 2021 02:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27414

Actions (login required)

View Item View Item