Eksistensi Pengurus Yayasan Dalam Rangka Penyertaan Modal Pada Perseroan Terbatas Dalam Perspektif Undang-Undang Yayasan

Kurniawan, Adi (2019) Eksistensi Pengurus Yayasan Dalam Rangka Penyertaan Modal Pada Perseroan Terbatas Dalam Perspektif Undang-Undang Yayasan. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK-converted.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf

Download (174kB)
[img] Text
PENGESAHAN TESIS.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (48kB)

Abstract

Setelah diundangkannya ketentuan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan pada tanggal 6 Agustus 2001 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang Yayasan, maka yayasan memiliki kedudukan hukum yang lebih tinggi dari sebelumnya. Saat ini berdasarkan ketentuan tersebut secara jelas disebut bahwa yayasan dianggap sebagai sebagai badan hukum yang dapat bertindak sebagai subyek hukum selayaknya orang alamiyah pada umumnya. Dan untuk disebut sebagai badan hukum sebuah yayasan harus mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk melahirkan status badan hukumnya. Pada ketentuan Pasal 7 Undang-Undang Yayasan mengatur bahwa Yayasan dapat melakukan penyertaan dalam bentuk usaha yang bersifat prosepektif. Namun demikian, Undang-Undang Yayasan tidak mengatur secara rinci mengenai mekanisme penyertaan modal yang akan dilakukan oleh Yayasan, sehingga terobosan Yayasan untuk mendirkan badan usaha dalam bentuk perseroan terbatas (PT) dalam prakteknya masih mengalami kendala. Hal tersebut juga terkait kedudukan pengurus Yayasan, ketika Yayasan melakukan penyertaan modal dalam PT serta bagaimana tanggung jawab pengurus pada PT sebagai unit usaha Yayasan. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian bagi pengurus Yayasan yang ingin membentuk usaha, mengingat dalam melakukan penyertaan modal terdapat batasan-batasan yang harus dipenuhi, seperti penyertaan modal paling banyak 25% dari seluruh nilai kekayaan Yayasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Gunawan Djajaputra, S.H., S.S., CN, M.H
Uncontrolled Keywords: Penyertaan Modal Yayasan Dalam Perseroan Terbatas.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 04:41
Last Modified: 04 May 2021 04:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27424

Actions (login required)

View Item View Item