Match Fixing Dalam Pertandingan Sepakbola Di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap

Rinaldy, Alexzander (2018) Match Fixing Dalam Pertandingan Sepakbola Di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (59kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN ALEXZANDER.pdf

Download (428kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (874kB)

Abstract

Kompetisi sepakbola saat ini telah berubah karena mulai disusupi oleh pelaku kriminal secara terorganisasi, terutama dalam manipulasi pertandingan dan pengaturan skor (match fixing). Pengaturan skor dan manipulasi pertandingan sebagai ancaman global dalam dunia sepakbola. Permasalahan yang dihadapi dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana match fixing dalam pertandingan sepakbola di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yaitu penelitian yang memberikan penjelasan sistematis aturan yang mengatur suatu kategori hukum tertentu, menganalisis hubungan antara peraturan menjelaskan daerah kesulitan dan mungkin memprediksi pembangunan masa depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa match fixing dalam pertandingan sepakbola di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap diancam dengan suatu sanksi yang berupa pidana meskipun suap di sektor swasta tidak dapat dikatakan sebagai suatu tindakan korupsi karena tidak masuk sebagai kategori korupsi berdasarkan UU Tipikor. Ini artinya bahwa hal tersebut bukan berarti tidak memiliki dampak sama sekali dalam penegakan peraturan tersebut. Justru tidak diaturnya ketentuan suap di sektor swasta pada UU Tipikor memiliki keterkaitan dengan aktor yang dapat melakukan pemberantasan dan penegakan ketentuan tersebut. Suap (maupun korupsi secara umum) di sektor swasta telah membawa begitu banyak dampak buruk terhadap sektor bisnis tak terkecuali dalam pertandingan sepak bola. Oleh karena itu, perlu adanya penegakan hukum untuk dapat memberikan penghukuman terhadap para pelaku suap di sektor swasta. Pemerintah melakukan penegakan hukum terhadap pelaku suap di sektor swasta secara konkret agar seluruh masyarakat Indonesia menyadari bahwa perbuatan tersebut merupakan perbuatan tercela dan tidak dapat dipandang sebagai suatu hal yang biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dian Adriawan Dg. Tawang, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Match Fixing, Sepakbola.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 05:40
Last Modified: 04 May 2021 05:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27458

Actions (login required)

View Item View Item