PENGARUH HIPEROKSIA SISTEMIK KRONIK TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK ENZIM KATALASE (EC 1.11.1.6) PADA DARAH DAN GINJAL TIKUS SPRAGUE DAWLEY

CHRYSANO, Jessica Otniella Abigail (2015) PENGARUH HIPEROKSIA SISTEMIK KRONIK TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK ENZIM KATALASE (EC 1.11.1.6) PADA DARAH DAN GINJAL TIKUS SPRAGUE DAWLEY. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (583kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)

Abstract

Hiperoksia merupakan keadaan kelebihan asupan oksigen didalam jaringan, yang menyebabkan peningkatan produksi Reactive Oxygen Species (ROS) yang berlebihan, sehingga terjadi kerusakan pada sel dan jaringan yang ginjal dapat menginduksi berbagai jenis penyakit. Tubuh memiliki pertahanan terhadap ROS yaitu sistem antioksidan, salah satunya katalase. Penelitian ini tikus Sprague dawley dikelompokkan secara acak kedalam 5 kelompok (n=6), kelompok kontrol (normoksia) dan kelompok hiperoksia (75% O2 dan 25% N2) yang dibagi menjadi 1, 3, 7 dan 14 hari. Kemudian dilakukan pemeriksaan analisa gas darah, hematologi dan histopatologi. Aktivitas spesifik katalase darah dan ginjal diukur menggunakan metode Mates et.al. Hasil analisa gas darah terjadi peningkatan pO2 menunjukkan hiperoksia sistemik kronik, peningkatan pCO2,HCO3 dan penurunan pH menunjukan asidosis repiratorik terkompensasi sebagian. Penurunan parameter hematologi akibat hemolisis. Pada gambaran histopatologi terjadi perubahan struktur ginjal yang maladaptif. Aktivitas spesifik katalase pada darah dan ginjal meningkat hingga perlakuan hiperoksia 7 hari, kemudian mengalami penurunan pada perlakuan hiperoksia 14 hari. Terdapat korelasi antara aktivitas spesifik katalase pada darah dan ginjal (Pearson, r = 0,9516). Hiperoksia menyebabkan peningkatan aktivitas spesifik katalase pada darah dan ginjal diikuti penurunan pada perlakuan hiperoksia 14 hari akibat stres oksidatif. Berdasarkan gambaran histopatologi ginjal dapat disimpulkan terjadi fibrosis kronik yang dapat berujung pada gagal ginjal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ferdinal, Frans
Uncontrolled Keywords: : Hiperoksia, ROS, Katalase, Ginjal, Darah
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:02
Last Modified: 27 Oct 2021 02:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27462

Actions (login required)

View Item View Item