HUBUNGAN OBESITAS DENGAN DISMENOREA PRIMER PADA MAHASISWI BERUSIA 17-25 TAHUN DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Tanzil, Felix Fernando (2015) HUBUNGAN OBESITAS DENGAN DISMENOREA PRIMER PADA MAHASISWI BERUSIA 17-25 TAHUN DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan Riskesdas (2013. Pada wanita dewasa terjadi kenaikan yang sangat ekstrim dari 14,8% pada tahun 2007 menjadi 32,9 % pada tahun 2013.Banyak dari remaja putri mengalami ketidaknyamanan pada saat terjadinya menstruasi, berupa nyeri haid atau yang disebut dengan dysmenorrhea. Oleh sebab itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proporsi mahasiswi yang obesitas dengan kejadian dysmenorre primer dan mengetahui hubungan antara obesitas dengan dysmenorrhea primer di Universitas Tarumanagara. Jaringan adiposa memiliki fungsi sebagai endokrin dengan ditemukannya struktur protein spesifik yang disekresikan jaringan adiposit tersebut kedalam sirkulasi darah yang salah satunya adalah prostaglandin F-2 alpha. Pembentukan dari prostaglandin secara berlebih ini akan membuat faktor resiko yang lebih besar dalam terjadinya spasme miometrium tersebut yang muncul dengan gejala dismenorea.Desain penelitian yang digunakan adalah Desain penelitian Analitik Observatif dengan metode penelitian Cross Sectional. . Hasil analisa statistik menunjukkan bahwa ada hubungan bermakna antara obesitas dengan kejadian dismenorrhea primer remaja putri di Universitas Tarumanagara (p-value <0,05), Dengan demikian, obesitas berhubungan dengan peningkatan angka terjadinya dismenorea primer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yapri,Julius Chandra
Uncontrolled Keywords: Dismenorea, Obesitas, IMT
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:18
Last Modified: 28 May 2024 02:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27488

Actions (login required)

View Item View Item