Perlindungan Hukum Bagi Kreditur dalam Hal Debitur Menyewakan Objek Jaminan Fidusia kepada Pihak Ketiga (Analisis Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 1271 K/PDT/2016)

Alodia, Delvina (2018) Perlindungan Hukum Bagi Kreditur dalam Hal Debitur Menyewakan Objek Jaminan Fidusia kepada Pihak Ketiga (Analisis Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 1271 K/PDT/2016). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
cover skripsiii.pdf

Download (103kB)
[img] Text
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI SIAP DIUJI_1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
TANDA PENGESAHAN SKRIPSI_1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

Praktek bisnis yang semakin berkembang menimbulkan berbagai macam fasilitas kredit. Untuk mendapatkan kepastian bahwa kredit akan dikembalikan maka timbullah berbagai macam jaminan, salah satunya adalah jaminan fidusia. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah perlindungan hukum bagi kreditur dalam hal debitur menyewakan objek jaminan fidusia kepada pihak ketiga (Analisi kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 1271 K/PDT/2016). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif dengan menggunakan data sekunder yang dianalisis secara kwalitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya jaminan fidusia pada perjanjian pembiayaan yang diadakan antara kreditur dengan debitur tidak pernah lahir karena jaminan fidusia tersebut tidak didaftarkan sehingga kedudukan keditur hanya sebatas kreditur konkuren. Kesimpulannya adalah dengan tidak didaftarkannya jaminan fidusia ini maka pihak kreditur tidak mendapatkan perlindungan berdasarkan UUJF dan perlindungan hukum yang didapat kreditur hanya sebatas yang tercantum dalam pasal 1131 KUHPerdata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Endang Pandamdari, S.H., Sp.N., M.H.
Uncontrolled Keywords: Jaminan Fidusia, Sewa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 06:17
Last Modified: 04 May 2021 06:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27493

Actions (login required)

View Item View Item