Hasil Pemeriksaan Financial Intellegence Unit yang Dilakukan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan Mengenai Penucian Uang dalam Penegakan Hukum

Maulana, Fathly (2018) Hasil Pemeriksaan Financial Intellegence Unit yang Dilakukan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan Mengenai Penucian Uang dalam Penegakan Hukum. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (108kB)
[img] Text
2.1 Lembar Tanda Pengesahan Skripsi.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Tanda Persetujuan siap di uji.pdf

Download (169kB)
[img] Text
3. Kata Pengantar (revisi), Abstrak (revisi).pdf

Download (237kB)

Abstract

Pencucian uang pertama kali dikenal di Amerika Serikat ada tahun 1930 yang merujuk kepada tindakan mafia yang memproses uang hasil kejahatannya untuk dicampur dengan bisnis yang sah dengan tujuan agar uang kotor tersebut menjadi bersih atau nampak sebagai uang sah. Pada tahun 1980 praktik pencucian uang sebagai suatu tindak kejahatan telah menjadi perhatian dunia barat, terutama dalam konteks kejahatan peredaran obat-obat terlarang, perhatian itu muncul karena kejahatan tersebut selain memiliki nampak negatif akibat penyalahgunaan obat bius di kalangan masyarakat, tetapi juga berimplikasi secara luas terhadap perekonomian karena melibatkan dana yang sangat besar. Perhatian negara-negara didunia terhadap kejahatan tersebut melahirkan Vienna Convention. Namun, konvensi ini masih terbatas pada peredaran narkoba dan bahan psikotropika saja sebagai tindak pidana asal. Sedangkan, Money Laundering lebih luas kebenarannya. Untuk memerangi pencucian uang pada tahun 2000 PBB mengeluarkan Palermo Convention. DiIndonesia rezim anti pencucian uang telah berjalan saat ini dengan adanya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU. UUTPPU melahirkan suatu lembaga baru yang bernama PPATK. Adapun, rumusan masalah pada skripsi ini adalah “bagaimanakah hasil pemeriksaan PPATK mengenai pencucian uang dalam penegakkan hukum?”. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian normatif, teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah studi kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan undang-undang. Spesifikasi data penulisan adalah deskriptif. Jenis data yaitu mengumpulkan bahan-bahan hukum baik hukum primer, sekunder, tersier dan bahan non-hukum. Teknik analisis data adalah normatif-kualitatif. Hasil penelitian pada skripsi ini adalah, hasil pemeriksaan dari PPATK merupakan bahan pertimbangan keyakinan kepada hakim terhadap transaksi yang dirasa mencurgikan akan terjadinya suatu TPPU.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Firman Wijaya, S.H.M.H.
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana Pencucian Uang, Financial Intellegence Unit, UU TPPU, PPATK
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 06:30
Last Modified: 04 May 2021 06:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27505

Actions (login required)

View Item View Item