Analisis Terhadap Pertimbangan Hakim Dalam Permohonan Ijin Perkawinan Beda Agama Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan (Studi Kasus Penetapan Nomor 198/Pdt.P/2013/PN.Lmj).

Desyani, Fenny (2018) Analisis Terhadap Pertimbangan Hakim Dalam Permohonan Ijin Perkawinan Beda Agama Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan (Studi Kasus Penetapan Nomor 198/Pdt.P/2013/PN.Lmj). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Pengesahan dan siap uji.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Daftar Isi dan Abstrak.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (410kB)

Abstract

Perkawinan merupakan salah satu peristiwa penting dalam kehidupan manusia, perkawinan yang terjadi antara seorang pria dengan seorang wanita menimbulkan akibat lahir maupun batin. Salah satu kasus yaitu Sri Mulyani beragama Kristen dan Hadi Susanto beragama Islam yang ingin mencatatkan perkawinan beda agama dengan mengajukan permohonan ijin ke Pengadilan Negeri, bahwa hakim dalam mengabulkan permohonan ijin pencatatan perkawinan beda agama dengan menggunakan pertimbangan Pasal 57 UU Perkawinan menyebutkan “yang dimaksud dengan perkawinan campuran adalah perkawinan antara dua orang yang di Indonesia tunduk pada hukum yang berlainan, karena perbedaan agama”, bahwa ini tidak sesuai dengan hukum atau Undang-undang yang berlaku. Permasalahannya adalah Bagaimana pertimbangan hakim dalam permohonan ijin Perkawinan Beda Agama ditinjau dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan pada Penetapan Nomor 198/Pdt.P/2013/Pn.Lmj? Penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif dan didukung oleh wawancara dalam penelitian ini. Pasal 57 UU Perkawinan mengenai perkawinan campuran bahwa perkawinan campuran tidak termasuk ke dalam konteks perkawinan beda agama, karena dalam UU Perkawinan tidak membenarkan dilakukannya perkawinan beda agama sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 2 ayat (1) UU Perkawinan. Hakim dalam memutuskan suatu perkara seharusnya jangan mengesampingkan suatu ketetapan dari Tuhan atau kitab suci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulati, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan Hakim, Perkawinan, Perkawinan Beda Agama, Penetapan Pengadilan Lumajang.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 06:40
Last Modified: 04 May 2021 06:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27510

Actions (login required)

View Item View Item