Akibat Hukum Penolakan Itsbat Nikah Oleh Pengadilan Agama Terhadap Para Pihak Yang Melakukan Nikah Siri (Studi Putusan Nomor: 1478//Pdt.G/2016/PAJT)

Nugroho, Hafidz (2018) Akibat Hukum Penolakan Itsbat Nikah Oleh Pengadilan Agama Terhadap Para Pihak Yang Melakukan Nikah Siri (Studi Putusan Nomor: 1478//Pdt.G/2016/PAJT). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER SKRIPSI HAFIDZ.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Tanda Persetujuan Siap Diuji.pdf

Download (458kB)
[img] Text
Tanda Pengesahan Skripsi.pdf

Download (440kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (186kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi (1).pdf

Download (133kB)

Abstract

Nikah siri adalah perkawinan yang bertentangan dengan Undang-Undang Perkawinan karena tidak dicatatkan, biasanya nikah siri digunakan oleh suami untuk mempunyai istri lebih dari seorang, pada dasarnya nikah siri tidak mempunyai kekuatan hukum dan tidak dapat menjamin hak-hak istri, anak dan juga harta yang mereka dapatkan selama perkawinan, untuk itu adanya permohonan itsbat nikah ke Pengadilan Agama untuk membantu para pihak suami istri untuk mendapatkan akta perkawinan, agar perkawinan tersebut mempunyai kekuatan hukum dan menjamin hak-hak istri dan anak, akan tetapi pengajuan itsbat terebut ditolak oleh Pengadilan Agama dengan alasan bahwa suami tidak meminta izin terlebih dahulu oleh istri sebelumya dan juga pengadilan, bagaimana akibat hukum dari penolakan itsbat nikah tersebut ? penulis meneliti masalah ini dengan analisis yuridis normatif. Data yang diambil di dalam putusan tersebut penulis menganalisa bahwa memang tidak adanya izin dari istri sebelumnya dan juga pengadilan, yang mengakibatkan penolakan permohonan itsbat nikah tersebut, dampaknya adalah terhadap status perkawinan menjadi tidak sah secara negara, dan status anak menjadi anak luar kawin, tetapi harta bersama mereka tetap dibagikan seusai keputusan masing-masing pihak. Seharusnya pemerintah mengawasi dan mensosialisasikan tentang perkawinan siri dan akibat apa saja yang dapat ditimbulkan dari nikah siri tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Imelda Martinelli, S.H, M.H.
Uncontrolled Keywords: Itsbat Nikah, Nikah Siri, Perkawinan.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 07:37
Last Modified: 04 May 2021 07:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27542

Actions (login required)

View Item View Item