TEMUAN BERBAGAI SPESIES CANDIDA DALAM AIR EMBER WC PEREMPUAN DI KAMPUS T JAKARTA BARAT PERIODE JUNI 2014

KHALIEM, GRACIA YOVITA (2015) TEMUAN BERBAGAI SPESIES CANDIDA DALAM AIR EMBER WC PEREMPUAN DI KAMPUS T JAKARTA BARAT PERIODE JUNI 2014. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
TOP.pdf

Download (375kB)
[img] Text
1.pdf

Download (648kB)
[img] Text
2-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
5-6.pdf

Download (214kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ref.pdf

Download (404kB)

Abstract

Kebersihan air pada fasilitas umum antara lain air ember wc perempuan penting untuk kesehatan penggunanya. Air ember wc perempuan yang tercemar oleh Candida sp. dapat menjadi sumber infeksi terjadinya penyakit, misalnya kandidiasis vagina. Pada penelitian yang dilakukan oleh Stevania Paula Moke Djogo pada tahun 2014 ditemukan 28,9% air ember wc perempuan di kampus T Jakarta Barat mengandung Candida sp.. Penelitian ini merupakan penelitian yang paralel dengan penelitian yang dilakukan oleh Stevania Paula Moke Djogo pada tahun 2014 tetapi dari aspek yang berbeda yaitu mengidentifikasi berbagai spesies Candida yang ditemukan dalam air ember wc perempuan pada kampus yang sama, untuk mendapatkan data epidemiologi. Identifikasi spesies Candida dilakukan dengan menggunakan media Chrom Agar Candida, diperoleh hasil dari 38 sampel air ember wc perempuan, total 11 sampel (28,94%) mengandung Candida sp. , 8 sampel (21,05%) tercemar Candida albicans, 2 sampel (5,26%) tercemar Candida tropicalis dan1 sampel (2,63%) tercemar Candida albicans dan Candida tropicalis sedangkan 2 sampel air dari sumber air ember wc perempuan terdapat 1 sampel (50%) tercemar Candida albicans.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Delima, Irma S.M.
Uncontrolled Keywords: Kebersihan air pada fasilitas umum antara lain air ember wc perempuan penting untuk kesehatan penggunanya. Air ember wc perempuan yang tercemar oleh Candida sp. dapat menjadi sumber infeksi terjadinya penyakit, misalnya kandidiasis vagina. Pada penelitian yang dilakukan oleh Stevania Paula Moke Djogo pada tahun 2014 ditemukan 28,9% air ember wc perempuan di kampus T Jakarta Barat mengandung Candida sp.. Penelitian ini merupakan penelitian yang paralel dengan penelitian yang dilakukan oleh Stevania Paula Moke Djogo pada tahun 2014 tetapi dari aspek yang berbeda yaitu mengidentifikasi berbagai spesies Candida yang ditemukan dalam air ember wc perempuan pada kampus yang sama, untuk mendapatkan data epidemiologi. Identifikasi spesies Candida dilakukan dengan menggunakan media Chrom Agar Candida, diperoleh hasil dari 38 sampel air ember wc perempuan, total 11 sampel (28,94%) mengandung Candida sp. , 8 sampel (21,05%) tercemar Candida albicans, 2 sampel (5,26%) tercemar Candida tropicalis dan1 sampel (2,63%) tercemar Candida albicans dan Candida tropicalis sedangkan 2 sampel air dari sumber air ember wc perempuan terdapat 1 sampel (50%) tercemar Candida albicans. Kata-kata kunci : air, Candida sp.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 29 Jul 2021 11:45
Last Modified: 29 Jul 2021 11:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27555

Actions (login required)

View Item View Item