Analisis Aerodinamika Mobil Irit Tarumanagara dengan Menggunakan Metode CFD

Kesuma, Poppy (2020) Analisis Aerodinamika Mobil Irit Tarumanagara dengan Menggunakan Metode CFD. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
515160048_Poppy Kesuma_01 Cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text
515160048_Poppy Kesuma_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (240kB)
[img] Text
515160048_Poppy Kesuma_03 Abstrak.pdf

Download (329kB)
[img] Text
515160048_Poppy Kesuma_04 Daftar Isi.pdf

Download (228kB)

Abstract

Pengaruh aerodinamika pada kendaraan berperan penting dalam meningkatkan efisiensi kendaraan. Riset dan penelitian dalam bidang aerodinamika kendaraan beroda empat dilakukan dengan konsep optimalisasi dari bentuk kendaraan. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa bentuk yang paling baik dalam aspek aerodinamis yaitu bentuk streamline, karena memiliki nilai koefisien hambatan paling rendah, yaitu 0,04. Sebelumnya, body Mobil Irit Tarumanagara dengan konsep kendaraan hemat energi sudah dirancang secara konvensional. Penggunaan metode eksperimen sangat rumit dan tidak efisien, karena terdiri dari gambar desain, mock-up making, membuat cetakan negative, untuk kemudian dicetak kembali yang belum mendapatkan performa aerodinamika optimal. Selain dari proses itu, performa aerodinamika Mobil Irit Tarumanagara perlu dianalisis. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis aerodinamika pada body Mobil Irit Tarumanagara menggunakan CFD (Computation Fluid Dynamics). Simulasi CFD dilakukan secara 3 dimensi pada 3 model body, dan pada 5 variasi kecepatan, yaitu:1,39 m/s; 2,78 m/s; 4,17 m/s; 5,56 m/s; dan 12,5 m/s. Mesh yang digunakan merupakan bentuk tetrahedral dengan jumlah nodes sebanyak 76751 nodes pada body 1; 55439 nodes pada body 2; dan 42551 nodes pada body 3. Hasil simulasi menunjukkan bahwa variasi body terbaik yaitu body 3, karena memiliki performa paling aerodinamis, terutama pada bagian depan dan belakang body. Kecepatan udara pada bagian depan mencapai 9.387 m/s; dan vortisitas pada bagian belakang mengalir dengan kecepatan 3.271 m/s. Hasil simulasi ini dapat dijadikan sebagai referensi pengembangan terhadap body Mobil Irit Tarumanagara. Kata Kunci : aerodinamika, CFD, kendaraan hemat energi, Mobil Irit Tarumanagara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 04 May 2021 09:24
Last Modified: 04 May 2021 09:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27570

Actions (login required)

View Item View Item