PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN PENGUNGKAPAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN TAX AVOIDANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI

RENNATH, BIRGITTA EVANGELINE (2021) PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN PENGUNGKAPAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN TAX AVOIDANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Brigitta Evangeline Rennath 125170460 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pajak merupakan unsur penting dan bagi negara-negara yang ada di dunia ini, terutama dalam rangka menopang anggaran penerimaan negara. Di Indonesia penerimaan dari sektor pajak menempati persentase paling tinggi dibandingkan dengan sumber penerimaan yang lain. Salah satu kendala dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak adalah adanya agresivitas pajak. Agresivitas Pajak adalah suatu tindakan yang memiliki tujuan guna meminimalisir laba kena pajak perusahaan. Untuk meminimalisir pajak yang dibayarkan, terdapat dua cara yang dapat dilakukan yakni tax avoidance dan tax evasion. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris pengaruh kepemilikan institusinal dan pengungkapan tata kelola sebagai variabel yang mempengaruhi agresivitas pajak dengan tax avoidance pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemilikan institusional yang diukur dengan skala rasio dan pengungkapan tata kelola yang diperoleh dari 25 pedoman Otoritas Jasa Keuangan mengenai perusahaan terbuka. Dalam penelitian ini, digunakan sampel populasi perusahaan manufaktur pangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel ditentukan bedasarkan metode purposive sampling sebanyak 32 perusahaan manufaktur pangan selama tahun 2013-2019. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini berupa laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id), www.idnfinancials.com , serta dari website perusahaan terkait. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan program Smart PLS versi 3.2 Hasil penelitian ini yaitu Kepemilikan institusional dan pengungkapan tata kelola tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak, dan tax avoidance berpengaruh untuk melemahkan efek variabel independen terhadap variabel dependen terhadap perusahaan pangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kata Kunci: Tax Avoidance, Agresivitas Pajak, perpajakan Estralita Trisnawati S.E., Ak., M.Si., Dr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 13:13
Last Modified: 04 May 2021 13:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27621

Actions (login required)

View Item View Item