Validitas Keterangan Ahli Dari Penyidik Dalam Pembuktian Kasus Ujaran Kebencian Ras Di Media Sosial (Studi Putusan: No.1105/Pid.Sus/2017/PN Jkt.Utr).

Hendra, Hendra (2018) Validitas Keterangan Ahli Dari Penyidik Dalam Pembuktian Kasus Ujaran Kebencian Ras Di Media Sosial (Studi Putusan: No.1105/Pid.Sus/2017/PN Jkt.Utr). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (367kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (491kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Keterangan ahli adalah keterangan seseorang yang memiliki keahlian khusus guna kepentingan pemeriksaan dalam suatu perkara pidana dan harus diberikan dalam sidang pengadilan. Seorang ahli harus memberikan keterangan demi keadilan, sebaik-baiknya dan yang sebenarnya menurut pengetahuan dalam bidang keahliannya. Keterangan ahli yang berasal dari kepolisian masih dipertanyakan independensi dan keadilannya bagi terdakwa, ahli harus independent dan adil dalam memberikan keterangan tidak boleh ada pengaruh dari pihak internal maupun eksternal. Masih banyak ditemukan keterangan ahli yang berasal dari pihak penyidik yang sangat diragukan independensinya dan dipandang tidak patut dijadikan keterangan ahli oleh akademisi, akan tetapi dalam KUHAP tidak dijelaskan secara jelas apakah keterangan ahli dari penyidik diperbolehkan atau tidak. Maka dari itu Penulis tertarik melakukan penelitian terkait validitas keterangan ahli dari penyidik. Penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian hukum Normatif yang ditunjang dengan wawancara untuk menjawab penelitian dan sumber diwawancarai adalah dari pihak akademisi dan praktisi. Dengan tidak adanya aturan yang jelas maka keterangan ahli dari penyidik menjadi pro dan kontra akan tetapi jika mengacu pada pengertian dan tujuan utama keterangan ahli dalam KUHAP maka keterangan ahli dari pihak penyidik tidak diperbolehkan karena tidak bebas dan tidak independent.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dian Adriawan Daeng Tawang, S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Keterangan Ahli, Penyidik.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 05 May 2021 02:42
Last Modified: 05 May 2021 02:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27751

Actions (login required)

View Item View Item