Pemenuhan atas sarana prasarana, sarana dan utilitas umum pada perumahan subsidi Mutiara Puri Harmoni Rajeg Tangerang menurut Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman

Nurhakim, Muhammad Aziz (2018) Pemenuhan atas sarana prasarana, sarana dan utilitas umum pada perumahan subsidi Mutiara Puri Harmoni Rajeg Tangerang menurut Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Tanda Persetujuan.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Tanda Pengesahan.pdf

Download (111kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

Pada prakteknya, banyak pengembang perumahan (developer) tidak menjalankan tugas dan kewajiban sebagaimana mestinya dalam menyediakan prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU) dalam suatu perumahan. Sebagai contohnya PT Vista Land Group selaku pengembang dari perumahan Mutiara Puri Harmoni di Rajeg. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah tinjauan yuridis terhadap penyediaan perumahan dan sanksi yang diterapkan apabila pengembang perumahan (developer) tidak menjalankan kewajibannya. Penulis menarik untuk mengangkat kasus ini karena selain lokasi penelitian yang terjangkau dari tempat tinggal penulis, Rajeg merupakan daerah dimana pertumbuhan penduduknya mulai bertumbuh pesat dan memiliki luas lahan yang sangat luas, salah satunya Perumahan Mutiara Puri Harmoni dengan luas lahan 50 Ha. Untuk memperoleh data digunakan metode penelitian normatif dengan studi pustaka terhadap bahan hukum sekunder, bahan hukum primer, dan bahan non-hukum, juga dilengkapi dengan hasil wawancara. Kesimpulannya adalah PT Vista Land Group dalam penyediaan jaringan air berkualitas rendah, sarana penerangan jalan umum, jaringan jalan, dan penyediaan sarana pemakaman sebagaimana telah diatur dalam Pasal 4 Ayat (1) a, Ayat (3) a dan g, dan Pasal 9 Ayat (2) Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang Nomor 4 Tahun 2012 dan Pasal 134 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan Dan Kawasan Permukiman. Dengan demikian, untk menyelesaikan masalah pelanggaran yang dilakukan oleh PT Vista Land Group seaiknya Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang elakukan pengawasan terhadap seluruh pengembang perumahan di wilayah Kabupaten Tangerang agar tidak terjadi kasus yang serupa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Endang Pandamdari, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pemenuhan, Perumahan, Sarana, Utilitas
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 05 May 2021 04:23
Last Modified: 05 May 2021 04:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27815

Actions (login required)

View Item View Item