PENGARUH MODAL KERJA, STRUKTUR MODAL, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015 – 2019

Hansen, Ryan (2020) PENGARUH MODAL KERJA, STRUKTUR MODAL, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015 – 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Ryan Hansen 125160195 JA.pdf

Download (632kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh variabel independen modal kerja, struktur modal, dan good corporate governance terhadap profitabilitas. Penelitian ini dilakukan di perusahaan BUMN yang terdiri dari 9 sektor BUMN yaitu Farmasi, Energi, Logam, Konstruksi, Bank, Pertambangan, Semen, Angkutan, dan Telekomunikasi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015 hingga 2019. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga digunakan sebanyak 15 perusahaan dari 20 perusahaan yang akan dijadikan sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan melalui website Bursa Efek Indoensia yang diolah dengan menggunakan analisis regresi data panel dan aplikasi Eviews versi 9.0. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa modal kerja, struktur modal, dan good corporate governance secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Modal kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, Struktur modal secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, Sedangkan good corporate governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Kata Kunci: Profitabilitas, modal kerja, struktur modal, dan good corporate governance Dr. Herlin Tundjung S., S.E., Ak., M.Si, CA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 May 2021 04:37
Last Modified: 05 May 2021 04:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27827

Actions (login required)

View Item View Item