PENGARUH INSTITUTIONAL OWNERSHIP, AUDIT COMMITTEE, INDEPENDENT COMMISSIONER, DAN FIRM SIZE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PERTANIAN SUBSEKTOR PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2014-2018

Liga, Willy (2020) PENGARUH INSTITUTIONAL OWNERSHIP, AUDIT COMMITTEE, INDEPENDENT COMMISSIONER, DAN FIRM SIZE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PERTANIAN SUBSEKTOR PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2014-2018. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Willy Liga 125160013 JA.pdf

Download (975kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti yang empiris tentang pengaruh kepemilikan institusional, komite audit, komisaris independen, dan ukuran perusahaan terhadap financial distress. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 57 sampel yang diambil dari perusahaan perusahaan pertanian subsektor perkebunan yang terdaftar di BEI yang mengumumkan laporan keuangan periode 2014-2018. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hanya variabel komite audit yang memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress, sedangkan variabel kepemilikan institusional, komisaris independen, dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap financial distress. Komite audit dan komisaris independen harus lebih memperhatikan tata kelola perusahaan agar dapat mendeteksi kemungkinan financial distress. Kata Kunci: Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan, dan Financial Distress Hendro Lukman, S.E., M.M., CPMA., CA., CPA (Aust.)., CSRS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 May 2021 05:08
Last Modified: 05 May 2021 05:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27850

Actions (login required)

View Item View Item