Tanggung Jawab Pengangkut Terhadap Pengirim Barang Atas Kerusakan Total Barang Yang Diangkut Berdasarkan Undang- Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Studi Kasus: Putusan Nomor 334/Pdt.G/2017/PN Jkt.Pst)

Miftahurrahman, Muhammad Alif (2021) Tanggung Jawab Pengangkut Terhadap Pengirim Barang Atas Kerusakan Total Barang Yang Diangkut Berdasarkan Undang- Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Studi Kasus: Putusan Nomor 334/Pdt.G/2017/PN Jkt.Pst). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
2. Judul.pdf

Download (7kB)
[img] Text
3. Tanda Pengesahan Skripsi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
4. Surat Persetujuan Skripsi Siap Diuji.pdf

Download (102kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (131kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (25kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

Dalam melakukan kegiatan usaha jasa pengangkutan barang, terdapat alat angkut yang digunakan dalam mengantarkan barang ke tempat tujuan. Supaya barang tersebut selamat sampai tujuan, maka terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah pemeriksaan kendaraan yang akan digunakan untuk mengantarkan barang tersebut. Akan tetapi seringkali pengangkut tidak memperhatikan kelayakan mobil yang digunakan untuk kegiatan pengangkutan yang berakibat rusaknya seluruh barang yang diangkut. Pokok permasalahannya adalah:1) Bagaimana tanggung jawab PT Aeronusa Inti Raya atas kerusakan total barang yang diangkut menurut UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan? 2) Bagaimana hakim menentukan putusan nomor 344/Pdt.G/2017/PN Jkt.Pst atas hapusnya tanggung jawab PT Aeronusa Inti Raya terhadap kerusakan total barang yang diangkut? Peneliti meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif dan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus dan pendekatan konseptual. Data hasil penelitian memperlihatkan bahwa pengangkut PT Aeronusa Inti Raya harus bertanggungajawab atas kerusakan total barang yang diangkut akibat meledaknya mobil elf box dengan memberikan ganti kerugian kepada PT Datascrip dan putusan hakim tidak sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Seharusnya, pengangkut memperhatikan alat angkut sebelum berangkat sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H.K. Martono, S.H., LL.M.
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Pengangkut, kecelakaan mobil box, kerusakan total barang.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 05 May 2021 06:48
Last Modified: 06 May 2021 01:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27869

Actions (login required)

View Item View Item