PENERAPAN MODEL ANTRIAN PADA T-CELL SERVICE CENTER BLACKBERRY DI ITC ROXY MAS

Wongso, Indah Sani (2012) PENERAPAN MODEL ANTRIAN PADA T-CELL SERVICE CENTER BLACKBERRY DI ITC ROXY MAS. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Indah Sani Wongso 115080334 JA.pdf

Download (478kB)

Abstract

Antrian merupakan garis tunggu dari pelanggan yang memerlukan layanan dari satu atau lebih pelayanan (fasilitas). Pada penelitian ini, yang akan dibahas adalah model antrian yang digunakan oleh suatu service center untuk telepon seluler. Data yang digunakan adalah catatan waktu pelayanan yang diberikan oleh setiap teller. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah berapa rata-rata waktu pelanggan menunggu dalam antrian dan berapa jumlah teller yang tepat yang sebaiknya digunakan. Perhitungan yang digunakan untuk mengetahui waktu antrian dan panjang antrian adalah dengan rumus model antrian B (M/M/S). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu antrian dapat berkurang dengan menambahkan 1 teller pada service center tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 May 2021 07:08
Last Modified: 04 May 2023 08:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27880

Actions (login required)

View Item View Item