Pengaruh total quality management terhadap kinerja manajerial dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderating pada PT DHARMA GUNA WIBAWA / Kiki Khairunnisa

Khairunnisa, Kiki (2017) Pengaruh total quality management terhadap kinerja manajerial dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderating pada PT DHARMA GUNA WIBAWA / Kiki Khairunnisa. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Kiki Khairunnisa 125110645 JA.pdf

Download (782kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel TQM yakni fokus pada pelanggan, Kerjasama Tim (team work), Perbaikan sistem secara berkesinambungan, Pendidikan dan pelatihan terhadap Kinerja manajerial pada PT Dharma Wibawa dan seberapa besar beta pengaruh dari variabel antara kepuasan kerja dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh variabel TQM terhadap variabel kinerja manajerialnya. Data jumlah sampel yang digunakan sebanyak 102 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dilanjutkan dengan pengujian moderasi dua tahap disetiap variabel. Hasil uji menunjukkan dari keempat variabel TQM hanya variabel X1 yaitu Fokus pada pelanggan yang tidak signifikan. Sedangkan signifikan 4 variabel dan pengaruh moderasi dari keempat variabel tersebuut mampu memperkuat atau menambah beta pengaruh dari variabel antara atau variabel moderasinya. Koefisien korelasi (R) pada variabel TQM terhadap kinerja manajerial, diketahui nilai R sebesar 0.848. Maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel adalah kuat dan positif. Sedangkan untuk Adjusted R2 atau koefisien determinasi memiliki nilai 0.708 artinya variabel TQM mampu menjelaskan melalui variabel kinerja manajerial sebesar 70.8% sedangkan sisanya sebesar 29,2% diperoleh dari variabel lain diluar penelitian atau diluar model persamaan regresi. Dengan melihat hasil perhitungan koefisien korelasi (R) interaksi antar variabel Z dengan X terhadap variabel Y, diketahui nilai R sebesar 0.838. Maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel adalah kuat dan positif. Model summary menunjukkan Koefisien Determinasi Adjusted R Square sebesar 0,693 atau sebesar 69,3% yang berarti bahwa kemampuan variabel kepuasan kerja memperkuat fokus pada pelanggan, Kerjasama Tim (team work), Perbaikan sistem secara berkesinambungan, Pendidikan dan pelatihan dalam menjelaskan kinerja manajerial (Y), adalah sebesar 69,3%. Sedangkan sisa sebesar 30,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini. Kata Kunci: fokus pada pelanggan, Kerjasama Tim (team work), Perbaikan sistem secara berkesinambungan, Pendidikan dan pelatihan, Kinerja manajerial dan kepuasan kerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fokus pada pelanggan, Kerjasama Tim (team work), Perbaikan sistem secara berkesinambungan, Pendidikan dan pelatihan, Kinerja manajerial dan kepuasan kerja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 04 Jul 2018 06:38
Last Modified: 29 Aug 2023 07:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/2789

Actions (login required)

View Item View Item