Usulan Penjadwalan Perawatan Mesin Grid Casting dengan Metode Reliability Centered Maintenance (Studi Kasus PT. Trimitra Baterai Prakasa)

Kurniawan, Andreas (2020) Usulan Penjadwalan Perawatan Mesin Grid Casting dengan Metode Reliability Centered Maintenance (Studi Kasus PT. Trimitra Baterai Prakasa). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545160031_Andreas Kurniawan_01 Cover.pdf

Download (14kB)
[img] Text
545160031_Andreas Kurniawan_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (32kB)
[img] Text
545160031_Andreas Kurniawan_03 Abstrak.pdf

Download (147kB)
[img] Text
545160031_Andreas Kurniawan_04 Daftar Isi.pdf

Download (233kB)

Abstract

PT. Trimitra Baterai Prakasa merupakan salah satu perusahaan terbesar manufaktur yang bergerak dibidang aki otomotif selama 29 tahun di Jakarta Utaradengan memproduksi aki merk G Force Batteries, Yuasa Battery, MassiveBatteries. Salah satu mesin yang sering dipakai adalah mesin grid casting untuk memproduksi plate dari aki dimana mesin tersebut bekerja dalam 3 shift selama 7 hari kerja, seiring berjalanannya proses produksi secara terus menerus mesintersebut sering mengalami breakdown yang menyebabkan proses produksi berhentidan menimbulkan ketidakefisienan pada waktu dan biaya untuk penggantian komponen pada mesin tersebut. Permasalahan ini membutuhkan preventivemaintenance dengan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) yangbefokus pada penjadwalan mesin yang optimal dan meminimalisir pengeluaran biaya untuk penggantian komponen mesin sehingga dapat mengurangi waktubreakdown yang tidak terjadwal dengan baik. Komponen-komponen kritis darimesin grid casting didapatkan menggunakan metode FMEA yaitu lower valve danfleed line. Menghitung TTF dan TTR untuk uji distribusi Index of Fit dan Goodness of Fit, Menghitung MTTF dan MTTR untuk mendapatkan interval waktu, intervalwaktu pemeriksaan lower valve selama 8 hari, dan fleed line 7 hari, interval waktu penggantian lower valve 12 hari dan fleed line 11 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 05 May 2021 09:12
Last Modified: 06 May 2021 07:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27901

Actions (login required)

View Item View Item