Analisis Total Productive Maintenance pada Mesin Produksi Celana Training dengan Menggunakan Pengukuran Overall Equipment Effectiveness dan Six Big Losses (Studi Kasus PT. Anugerah Semesta Cemerlang)

Adithya, Mason (2020) Analisis Total Productive Maintenance pada Mesin Produksi Celana Training dengan Menggunakan Pengukuran Overall Equipment Effectiveness dan Six Big Losses (Studi Kasus PT. Anugerah Semesta Cemerlang). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545160035_Mason Adithya_01 Cover.pdf

Download (122kB)
[img] Text
545160035_Mason Adithya_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (127kB)
[img] Text
545160035_Mason Adithya_03 Abstrak.pdf

Download (120kB)
[img] Text
545160035_Mason Adithya_04 Daftar Isi.pdf

Download (122kB)

Abstract

Dengan semakin pesatnya perkembangan industri pada saat ini, industri gourment di Indonesia perlu melakukan peningkatan produktivitas yang efektif agar tercapainya target produksi. Salah satu perusahaan gourment ini adalah PT. Anugerah Semesta Cemerlang. PT. Anugerah Semesta Cemerlang adalah perusahaan gourment yang memproduksi celana training. Masalah yang dihadapi yaitu lini produksi yang tidak mencapai target akibat kurangnya efektifitas mesin. Oleh sebab itu dilakukan penerapan Total Productive Maintenance (TPM) dengan pengukuran Overall Equipment Effectiveness (OEE). Setelah melakukan pengukuran OEE lalu melakukan perhitungan Six Big Losses untuk mengetahui faktor terbesar yang mempengaruhi kurangnya efektifitas pada mesin. Lalu melakukan analisa dengan diagram sebab akibat untuk mengetahui akar penyebab masalah. Hasilnya didapatkan bahwa produktivitas lini produksi sebesar 80,13% sehingga diketahui bahwa lini produksi masih berada dibawah OEE standar ketetapan dunia yang bernilai 85%. Faktor terbesar dalam rendahnya nilai OEE adalah performance rate (51,635%) reduced speed losses (32,045%) idling minor stopages losses. Untuk mengatasi rendahnya nilai OEE maka perlu dilakukan penerapaan autonomous maintenance pada operator untuk melakukan pengawasan dan perawatan pada mesin. Selain itu juga melakukan training atau pelatihan kepada tenaga kerja baru tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) kerja, metode kerja, dan perawatan mesin. Dan terakhir melakukan perawatan preventif atau perawatan rutin pada mesin yang diharapkan mengurangi masalah kerusakan pada mesin produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 05 May 2021 09:13
Last Modified: 06 May 2021 07:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27902

Actions (login required)

View Item View Item