Interval Waktu Penggantian Komponen Kritis pada Mesin Waterjet Cutting Menggunakan Metode Age Replacement (Studi Kasus PT Alkagra Seni Glass)

Wijaya, Elisabet (2020) Interval Waktu Penggantian Komponen Kritis pada Mesin Waterjet Cutting Menggunakan Metode Age Replacement (Studi Kasus PT Alkagra Seni Glass). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545160039_Elisabet Wijaya_01 Cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
545160039_Elisabet Wijaya_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (78kB)
[img] Text
545160039_Elisabet Wijaya_03 Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text
545160039_Elisabet Wijaya_04 Daftar Isi.pdf

Download (34kB)

Abstract

Salah satu elemen penting dalam produktivitas produksi adalah penggunaan mesin. Apabila terjadi kerusakan mesin dapat menyebabkan hasil produksi cacat serta menghambat proses produksi sehingga target produksi tidak tercapai. PT. Alkagra Seni Glass adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang industri kaca. Perlu dilakukan penjadwalan preventive maintenance agar dapat mengoptimalkan kinerja mesin sehingga produksi yang dihasilkan juga maksimal dan tidak terjadi kerusakan mesin secara tiba-tiba pada saat produksi sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah membuat penjadwalan waktu perawatan mesin yang optimal dengan menggunakan metode Age Replacement. Metode Age Replacement dipilih sebagai metode yang digunakan karena metode untuk melakukan penentuan interval waktu penggantian komponen kritis ini dilakukan dengan memperhatikan umur pemakaian dari komponen tersebut, sehingga penggantiannya tidak akan mempengaruhi penggantian komponen lainnya yang sesuai dengan kondisi mesin yang digunakan dalam proses produksi pada perusahaan. Penelitian ini difokuskan pada mesin yang memiliki fungsi penting dalam proses produksi. 4. Hasil Perhitungan OEE mesin Kritis Waterjet Cutting sebesar 56%, mesin Line Edging SE 10 M sebesar 64% dan mesin Intermac Genius CT 37 sebesar 83%, maka didapatkan yang berada dibawah standar OEE adalah Mesin Waterjet Cutting dan Mesin Line Edging SE 10 M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 05 May 2021 09:15
Last Modified: 06 May 2021 09:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27904

Actions (login required)

View Item View Item