Pengukuran Kinerja Rantai Pasokan Menggunakan Metode Supply Chain Operation Reference (SCOR) (Studi Kasus PT. Suggo Metal Cemerlang)

Hendrian, Hendrian (2020) Pengukuran Kinerja Rantai Pasokan Menggunakan Metode Supply Chain Operation Reference (SCOR) (Studi Kasus PT. Suggo Metal Cemerlang). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545160049_Hendrian_01 Cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
545160049_Hendrian_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (159kB)
[img] Text
545160049_Hendrian_03 Abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
545160049_Hendrian_04 Daftar Isi.pdf

Download (115kB)

Abstract

PT. Suggo Metal Cemerlang adalah suatu perusahaan produsen peralatan dapur. Pengukuran kinerja dilakukan untuk mengukur pencapaian perusahaan. Kinerja dibuat untuk mengetahui perusahaan mencapai target yang dibuat. Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengukur keseluruhan performa kinerja rantai pasokan dari perusahaan yang melalui pendekatan metode Supply Chain Operation References (SCOR). Penelitian dimulai dengan membuat model awal dari KPI yang disesuaikan dengan keadaan perusahaan serta pengambilan sejumlah data yang berhubungan langsung dengan KPI dan divalidasi melalui wawancara dan observasi terhadap pihak perusahaan, kemudian dilakukan pembobotan tiap proses metrik menggunakan metode Pairwise Comparison. Perhitungan dilakukan pada tiap metrik KPI yang datanya telah didapatkan dan hasil perhitungannya akan dilanjutkan dengan metode OMAX guna untuk melakukan Scoring System serta metode Traffic Light System yang menjadi warning system pada Metrik tersebut. Penelitian ini menghasilkan bahwa kinerja rantai pasokan perusahaan pada tahun 2019 memiliki performa yang cukup baik dan sesuai dengan harapan perusahaan walaupun terdapat kinerja rantai pasokan satu-satunya yang memiliki nilai buruk dan di bawah harapan perusahaan, berada pada bulan Oktober 2019 dengan nilai 3,64. Pada bulan tersebut terdapat 15 metrik yang diantaranya 4 Metrik yang termasuk kategori hijau, 3 Metrik yang termasuk kategori kuning dan 8 Metrik yang termasuk kategori merah. Berdasarkan nilai tersebut, maka kinerja perusahaan pada bulan itu belum mencapai target perusahaan dimana perlu beberapa perbaikan pada metrik kinerjanya guna untuk memaksimalkan kinerja rantai pasokan hingga masuk ke dalam kategori sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 05 May 2021 09:18
Last Modified: 06 May 2021 09:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27908

Actions (login required)

View Item View Item