PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN - Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015 / martha yanti

YANTI, MARTHA (2017) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN - Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015 / martha yanti. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perusahaan sebagai badan hukum diwajibkan untuk bertanggung-jawab atas setiap aktivitas perusahaan, baik kepada lingkungan, karyawan, dan masyarakat sebagai langkah perusahaan untuk mencegah terjadinya ancaman bagi perusahaan di masa depan. Tangung jawab sosial merupakan suatu komitmen pengembangan ekonomi berkelanjutan yang dilakukan perusahaan dalam peningkatan semua aspek operasional perusahaan sesuai dengan ketentuan hukum dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Pengungkapan tanggung jawab sosial merupakan salah satu bentuk tangung jawab dan bukti perusahaan atas kontribusinya kepada para pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan kepemilikan asing berpngaruh pada pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan secara simultan dan parsial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011 sampai dengan 2015. Total sampel penelitian adalah 31 perusahaan dengan total pengamatan selama 5 tahun, sehingga jumlah sampel sebanyak 155 perusahaan manufaktur dengan data sekunder yang ditentukan melalui metode purposive atau judgement sampling. Desain penelitian ini berupa kausal dengan menguji pengaruh variabel tergantung terhadap variabel terikat serta untuk mengetahui hubungan korelasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahanalisa regresi data panel dengan mengunakan program EViews 9.0 dengan Robust Regression atau Robust Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan kepemilikan asing memiliki pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur. Ukuran perusahaan dan profitabilitas secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur, dan kepemilikan asing memiliki pengaruh negatif terhadap pengungkapan tangung jawab sosial perusahaan manufaktur sedangkan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur. Kata kunci: CSR, corporate social responsibility, pengungkapan, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan asing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CSR, corporate social responsibility, pengungkapan, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan asing.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 04 Jul 2018 06:43
Last Modified: 28 May 2021 08:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/2795

Actions (login required)

View Item View Item