Iglesias, Andrian (2021) Implementasi Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) dan Complex Proportional Assesment (COPRAS) untuk Fitur Rekomendasi pada Online Store Smartwatch. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
535170014_Andrian Iglesias_01 Cover.pdf Download (185kB) |
|
Text
535170014_Andrian Iglesias_02 Lembar Pengesahan.pdf Download (120kB) |
|
Text
535170014_Andrian Iglesias_03 Lembar Pernyataan.pdf Download (140kB) |
|
Text
535170014_Andrian Iglesias_04 Abstrak.pdf Download (198kB) |
|
Text
535170014_Andrian Iglesias_05 Kata Pengantar.pdf Download (140kB) |
|
Text
535170023_Febryo Kurniawan_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (225kB) |
|
Text
535170014_Andrian Iglesias_07 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
Text
535170014_Andrian Iglesias_08 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
Text
535170014_Andrian Iglesias_09 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
Text
535170014_Andrian Iglesias_10 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
Text
535170014_Andrian Iglesias_11 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
Text
535170014_Andrian Iglesias_12 Daftar Pustaka.pdf Download (152kB) |
|
Text
535170014_Andrian Iglesias_13 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text
535170014_Andrian Iglesias_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
Abstract
Perkembangan dalam hal Internet of Things membuat perangkat smart-wearable IoT seperti smartwatch semakin digemari. Permintaan yang semakin meningkat mengundang para produsen teknologi untuk ikut dalam membuat beragam produk untuk menarik konsumen. Beragam produk smartwatch tersedia dari berbagai merek dan harga serta banyak dijual melalui toko online. Pilihan smartwatch yang beragam tentunya akan membuat konsumen menjadi bingung dalam menentukan pilihan smartwatch yang sesuai dengan kebutuhannya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibangunlah sebuah aplikasi online store smartwatch yang dilengkapi dengan fitur rekomendasi untuk membantu calon pembeli dalam menentukan smartwatch sesuai kebutuhan. Fitur rekomendasi dibuat menggunakan sistem pendukung keputusan metode Additive Ratio Assessment (ARAS) dan Complex Proportional Assessment (COPRAS). Diambil 6 kriteria dalam pemilihan smartwatch antara lain: ukuran layar, kapasitas baterai, design and resistance, activity tracking, harga, dan berat. Hasil pengujian perhitungan metode menggunakan 10 alternatif dan bobot umum mendapatkan hasil perangkingan yaitu peringkat 1 sama-sama didapat oleh alternatif ke-9 dengan nilai akhir 0.6545 pada ARAS dan 100.00 pada COPRAS. Pengujian kuesioner kepada pengguna aplikasi mendapatkan persentase 84.48% pada pengguna pelanggan dan persentase 84.44% pada pengguna administrator atau pemilik toko. Berdasarkan pengujian, aplikasi berfungsi dengan baik dan dapat membantu proses jual beli smartwatch serta dapat membantu pelanggan dalam pemilihan smartwatch dengan fitur rekomendasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Additive Ratio Assessment (ARAS), Complex Proportional Assessment (COPRAS), Online Store, Sistem Pendukung Keputusan, Smartwatch |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 05 May 2021 15:30 |
Last Modified: | 21 Aug 2021 01:49 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27967 |
Actions (login required)
View Item |