FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKSEPTOR DALAM MEMILIH AKDR PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR DI KELURAHAN PEGANGSAAN KECAMATAN MENTENG JAKARTA PUSAT PROVINSI DKI JAKARTA PERIODE JUNI – SEPTEMBER 2014

DEVI, SRI (2015) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKSEPTOR DALAM MEMILIH AKDR PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR DI KELURAHAN PEGANGSAAN KECAMATAN MENTENG JAKARTA PUSAT PROVINSI DKI JAKARTA PERIODE JUNI – SEPTEMBER 2014. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (454kB)
[img] Text
1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
6.pdf

Download (534kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keikut sertaan akseptor KB dalam menggunakan metode kontrasepsi tidak terlepas dari berbagai faktor diantaranya yaitu faktor sosial budaya yang meliputi sosial demografi seperti umur, paritas, tingkat pengetahuan, tingkat pendidikan, status ekonomi, penerimaan informasi KB, kenyamanan pemakaian dan dukungan suami. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif menggunakan kuesioner yang diberikan secara langsung ke akseptor KB IUD / AKDR, yang bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi akseptor dalam pemilihan kontrasepsi IUD / AKDR di Wilayah Kelurahan Pegangsaan Jakarta Pusat. Populasi penelitian ini adalah seluruh Wanita Pasangan Usia Subur (WPUS) yang menggunakan kontrasepsi IUD / AKDR di Wilayah Kelurahan Pegangsaan Jakarta pusat. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi WPUS dalam memilih kontrasepsi IUD / AKDR adalah 100 % dari dukungan suami, 62 % dari tingkat pendidikan menegah seperti SMA / SMK / sederajat, 63 % dari jumlah paritas / anak ≤ 2 orang, 45 % dari tingkat pengetahuan yang baik, 73 % dari sumber informasi tenaga kesehatan, 75 % dari tingkat kenyaman yang biasa saja dari responden, dan 49 % dari status ekonomi sedang dan rendah oleh responden. Disarankan pada petugas kesehatan dan petugas layanan KB harus memiliki skill yang terampil sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam memberi pelayanan dan penyuluhan guna meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu dalam pemilihan kontrasepsi IUD / AKDR di Wilayah Kelurahan Pegangsaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hermijanti, Erni
Uncontrolled Keywords: akseptor KB, kontrasepsi IUD / AKDR, WPUS.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 Jul 2021 01:48
Last Modified: 28 Jul 2021 01:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28011

Actions (login required)

View Item View Item