PENGARUH EFISIENSI OPERASI, EFEKTIVITAS PEMASARAN, DAN LEVERAGE KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PUBLIK MAKANAN DAN MINUMAN

FEBRINYA, FEBRINYA (2021) PENGARUH EFISIENSI OPERASI, EFEKTIVITAS PEMASARAN, DAN LEVERAGE KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PUBLIK MAKANAN DAN MINUMAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagiamana pengaruh efisiensi operasi, efektivitas pemasaran, dan leverage keuangan terhadap kinerja keuangan Perusahaan Publik Makanan dan Minuman. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan Eviews 11. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI Periode 2015-2019. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa efisiensi operasi menunjukkan efek negatif yang signifikan terhadap kinerja keuangan, efektivitas pemasaran menunjukkan efek positif yang tidak signifikan, dan leverage keuangan menunjukkan efek positif yang signifikan. Kemudian dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas pemasaran dengan membagi dan mengelompokkan perusahaan berdasarkan total aset yang dimiliki. Pada Perusahaan Papan Atas, Efisiensi Operasi, Efektivitas Pemasaran, dan Leverage Keuangan sejalan dengan teori, dimana Efisiensi Operasi memiliki efek negatif yang signifikan terhadap kinerja keuangan, Efektivitas Pemasaran dan Leverage Keuangan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Kinerja Keuangan. Pada Perusahaan Papan Tengah, hanya Efisiensi Operasi yang sejalan dengan kerangka teori adalah memiliki efek negatif yang signifikan terhadap Kinerja Keuangan. Pada Perusahaan Papan Bawah, Efisiensi Operasi memiliki efek yang signifikan, tetapi Efektivitas Pemasaran memiliki efek yang tidak signifikan dan Leverage Keuangan tidak sejalan dengan kerangka teoritis. Kata kunci: Efisiensi Operasi, Efektivitas Pemasaran, Leverage Keuangan, Kinerja Keuangan Drs. Maswar Abdi, M.E.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 May 2021 02:50
Last Modified: 30 Mar 2023 02:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28033

Actions (login required)

View Item View Item