PENGARUH KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN BEHAVIORAL BIASES SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA INVESTOR SAHAM

NATALIA, FESHIA (2021) PENGARUH KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN BEHAVIORAL BIASES SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA INVESTOR SAHAM. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keputusan investasi investor dipengaruhi oleh karakteristik demografis yaitu usia dan jenis kelamin. Selain itu, tingkat literasi keuangan yang berbeda juga dapat mempengaruhi keputusan investasi. Populasi pada penelitian ini adalah investor yang melakukan transaksi jual atau beli saham pada saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh karakteristik demografis dan literasi keuangan terhadap behavioral biases dan keputusan investasi pada investor saham, serta mengetahui pengaruh behavioral biases terhadap keputusan investasi investor saham dan peran behavioral biases dalam memediasi pengaruh karakteristik demografis dan literasi keuangan terhadap keputusan investasi investor saham. Desain penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling yaitu simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diperoleh sampel berjumlah 103 responden. Analisis data dilakukan dengan Partial Least Square (PLS), dengan menggunakan sotfware SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik demografis, literasi keuangan dan behavioral biases dapat mempengaruhi keputusan investasi. Behavioral biases tidak dipengaruhi oleh karakterstik demografis, namun dapat dipengaruhi oleh literasi keuangan. Selain itu, behavioral biases tidak dapat memediasi pengaruh karakteristik demografis terhadap keputusan investasi, namun behavioral biases dapat memediasi pengaruh literasi keuangan terhadap keputusan investasi secara sebagian (partial mediation). Kata kunci: Karakteristik Demografis, Literasi Keuangan, Behavioral Biases, Keputusan Investasi Hendra Wiyanto, S.E., M.E.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 May 2021 02:56
Last Modified: 04 Apr 2023 07:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28037

Actions (login required)

View Item View Item