GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR PADA PENCAPAIAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA BLOK REPRODUKSI ANGKATAN 2012 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA JAKARTA PERIODE MARET - APRIL 201

WIJAYANTI, FENY ESTU (2015) GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR PADA PENCAPAIAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA BLOK REPRODUKSI ANGKATAN 2012 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA JAKARTA PERIODE MARET - APRIL 201. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) penting bagi mahasiswa kedokteran karena IPK merupakan salah satu indikator keberhasilan mahasiswa saat masa kuliah. IPK menjadi persyaratan untuk melanjutkan Pendidikan Spesialis / tingkat Magister (S2) dan mendapatkan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang terlihat pada pencapaian IPK. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain cross-sectional dari bulan Maret-April 2015 terhadap 132 mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2012 Universitas Tarumanagara yang sedang mengikuti Blok Reproduksi, yang dipilih secara consecutive non random sampling. Data diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner dan menggunakan kartu hasil studi mahasiswa yang diperoleh dengan izin dari responden atau responden bersedia menyebutkan nilai IPK. Dari penelitian didapatkan rata-rata IPK responden sebesar 3,22 (±0,375). Didapatkan faktor-faktor yang terlihat pada pencapaian IPK responden beserta prevalensinya antara lain faktor internal yang terdiri dari kondisi fisik yang sebagian besar normal (98,5%), kebiasaan sarapan pagi yang baik (62,1%), IQ superior (33,3%), memiliki minat belajar (83,3%), memiliki motivasi belajar (95,5%), gaya belajar secara visual (47%), waktu belajar yang kurang (62,1%), dan durasi tidur yang dapat ditolerir (41,7%); faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga yang baik (71,2%), tingkat pendidikan orang tua yaitu sebagian besar ayah sampai perguruan tinggi (49,2%) dan ibu sampai SMA atau perguruan tinggi (43,2%) , lingkungan tempat tinggal yang baik (91,7%), lingkungan teman sebaya yang kurang (67,4%),dan kondisi sosial ekonomi orang tua yang baik (99,2%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ernawati
Uncontrolled Keywords: Indeks Prestasi Kumulatif, faktor-faktor pada pencapaian IPK.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:13
Last Modified: 28 May 2024 02:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28082

Actions (login required)

View Item View Item