Penjatuhan Pidana Bersyarat Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas yang Menyebabkan Kematian Ditinjau dari Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Rachwell, Raynold (2018) Penjatuhan Pidana Bersyarat Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas yang Menyebabkan Kematian Ditinjau dari Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Persetujuan Skripsi.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Abstrak.docx.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB)

Abstract

Tujuan pemidanaan di Indonesia yakni ingin memberikan efek jera terhadap terpidana. Hal tersebut dapat dicapai dengan penerapan pidana bersyarat sebagaimana diatur dalam Pasal 14a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Salah satu landasan dibentuknya pidana bersyarat sendiri adalah untuk menghindari adanya kursus kejahatan di lembaga permasyarakatan. Para terpidana yang tidak begitu berat apabila dijatuhkan pidana penjara dikhawatirkan malah menjadikan kesempatan tersebut untuk bertukar ilmu dengan terpidana yang lainnya. Pidana bersyarat dapat diterapkan pada setiap jenis tindak pidana, kejatahan maupun pelanggaran sehingga dapat pula diterapkan pada kasus kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kematian. Pada penelitian Penulis, ditemukan beberapa putusan yang melampaui batasan pidana bersyarat yang diatur pada Pasal 14a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana sehingga menyebabkan adanya ketidak konsekuen antara apa yang tertulis dengan penerapannya. Namun, hakim pada masa modern haruslah dapat mengantisipasi ketidak sesuaian peraturan perundang-undangan terhadap nilai-nilai di dalam masyarakt. Sehingga hakim dapat menjatuhkan putusan seadil-adilnya berdasarkan nilai-nilai yang ada di masyarakat meskipun harus melanggar peraturan perundang-undangan.Sehingga Penulis mengharapkan adanya pembaharuan dalam hukum pidana di Indonesia agar tidak terjadi ketidak pastian hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hery Firmansyah, S.H., M.Hum., M.PA
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidana Bersyarat, Hukum Pidana, Kecelakaan Lalu Lintas
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 06 May 2021 04:33
Last Modified: 06 May 2021 04:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28096

Actions (login required)

View Item View Item