DAMPAK PENGUMUMAN RIGHT ISSUE DAN STOCK SPLIT TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE TAHUN 2006 – 2010

Angela, Ria (2012) DAMPAK PENGUMUMAN RIGHT ISSUE DAN STOCK SPLIT TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE TAHUN 2006 – 2010. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Ria Angela 115080189 JA.pdf

Download (570kB)

Abstract

Menurut hipotesis pasar modal yang efisien, harga sekuritas secara cepat mencerminkan semua informasi yang relevan. Informasi mempengaruhi keputusan transaksi investor yang nantinya ikut menentukan harga pasar saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pengumuman right issue dan stock split terhadap abnormal return saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan data actual return harian dari perusahaan listed BEI yang melakukan right issue dan stock split dari tahun 2006 – 2010, serta data IHSG harian sebagai proxy return pasar. Untuk mengetahui reaksi investor terhadap pengumuman tersebut digunakan event period selama 15 hari (dari hari -7 sampai hari +7). Abnormal return dihitung dengan menggunakan Capital Asset Pricing Model (CAPM). Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perubahan abnormal return yang signifikan di hari – hari sebelum dan sesudah pengumuman right issue dan stock split. Hal ini diduga karena adanya kebocoran informasi yang terjadi di dalam pasar bursa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 May 2021 05:03
Last Modified: 05 May 2023 06:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28124

Actions (login required)

View Item View Item