HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI SUNTIK TERHADAP KENAIKAN TEKANAN DARAH DI PUSKESMAS KECAMATAN PALMERAH PERIODE JUNI 2013 - SEPTEMBER 2014

WIBAWA, FRANSISKA (2015) HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI SUNTIK TERHADAP KENAIKAN TEKANAN DARAH DI PUSKESMAS KECAMATAN PALMERAH PERIODE JUNI 2013 - SEPTEMBER 2014. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tekanan darah yang meningkat melebihi batas normal pada pemeriksaan rutin perlu diwaspadai karena dapat memicu terjadinya hipertensi. Tercatat jumlah penderita hipertensi sebesar 2.45% dari total kunjungan pasien ke puskesmas di Jakarta. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kenaikan tekanan darah salah satunya dengan penggunaan kontrasepsi hormonal. Berdasarkan data dari BKKBN, peserta KB baru klinik KB pemerintah kumulatif DKI pada Oktober 2007 untuk kontrasepsi suntik sejumlah 47.14%, dengan didasarkan pada tingginya penggunaan kontrasepsi suntik serta bahaya kenaikan tekanan darah, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kontrasepsi suntik terhadap kenaikan tekanan darah.Penelitian dilakukan di Puskesmas Kecamatan Palmerah Jakarta pada periode Juni 2013-September 2014, dengan sampel berjumlah 119 wanita usia subur antara 20-35 tahun. Dengan studi analitik cohort retrospective dan uji statistik Paired Sample T-test didapatkan hasil bahwa kontrasepsi suntik (DMPA) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kenaikan tekanan darah baik sistolik (p-value=0.061) maupun diastolik (p-value=0.106).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yapri,Julius Chandra
Uncontrolled Keywords: kontrasepsi hormonal, DMPA, tekanan darah
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:11
Last Modified: 28 May 2024 02:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28134

Actions (login required)

View Item View Item