Analisis Pembuktian Closed Circuit Television (CCTV) Sebagai Alat Bukti Petunjuk Dalam Pasal 188 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana

Abraham, William (2018) Analisis Pembuktian Closed Circuit Television (CCTV) Sebagai Alat Bukti Petunjuk Dalam Pasal 188 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Tanda Persetujuan Skripsi.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Tanda Pengesahan Skripsi.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB)

Abstract

Proses pembuktian merupakan suatu hal yang sangat penting dalam persidangan. Di dalam proses pembuktian dapat ditentukan seseorang bersalah atau tidak dengan mengaitkan antara fakta-fakta yang terjadi dengan alat-alat bukti yang tersedia. Pembuktian juga mengacu pada Pasal 183 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana mengenai minimal 2 (dua) alat bukti untuk menjatuhkan pidana dan baru bisa diperoleh keyakinan Hakim dan Pasal 184 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana mengenai alat-alat bukti yang sah. Seiring perkembangan zaman yang sangat berkembang pada zaman ini, hadirlah alat bukti di luar Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Closed Circuit Television (CCTV) sebagai salah satu alat bukti yang diatur di dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Closed Circuit Television (CCTV) semakin sering dipergunakan oleh Pengadilan untuk menerangkan suatu fakta yang sebelumnya tidak jelas menjadi jelas karena bantuan dari Closed Circuit Television (CCTV) tersebut. Tetapi, Closed Circuit Television (CCTV) tidak dapat begitu saja dijadikan alat bukti yang sah. Closed Circuit Television (CCTV) harus berkaitan dengan Pasal 188 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Bahwa, Closed Circuit Television (CCTV) untuk dapat dipergunakan menjadi alat bukti yang sah harus mempunyai keterkaitan antara fakta-fakta yang diperoleh dengan Closed Circuit Television (CCTV).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hery Firmansyah, S.H., M.Hum., MPA.
Uncontrolled Keywords: Alat Bukti, Closed Circuit Television, Pembuktian
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 06 May 2021 06:03
Last Modified: 06 May 2021 06:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28155

Actions (login required)

View Item View Item