PREVALENSI HIPERTENSI DAN DISTRIBUSI FAKTOR-FAKTOR RISIKO HIPERTENSI PADA ORANG USIA LANJUT DI RW XI TOMANG JAKARTA BARAT PERIODE 2013

TRIJAYANTI, NADIA (2015) PREVALENSI HIPERTENSI DAN DISTRIBUSI FAKTOR-FAKTOR RISIKO HIPERTENSI PADA ORANG USIA LANJUT DI RW XI TOMANG JAKARTA BARAT PERIODE 2013. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hipertensi – yang adalah gangguan sistem peredaran darah dimana terjadi kenaikan tekanan darah sistol di atas 140 mmHg dan/atau tekanan darah diastol di atas 90 mmHg – merupakan salah satu masalah kesehatan utama pada orang dewasa termasuk lansia. Hipertensi disebut sebagai ‘the silent killer’ karena sering tidak menunjukan gejala. Hipertensi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dan bahkan berkontribusi sebesar 20-50% dari seluruh penyebab kematian. Di tahun 2000, kira-kira 26,4% dari populasi dewasa di dunia mengalami hipertensi. Sementara itu di Indonesia, prevalensi hipertensi pada orang usia 18 tahun ke atas mencapai 31,7% pada tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi hipertensi dan distribusi faktor-faktor risikonya di wilayah RW XI, Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Orang dengan usia 60 tahun atau lebih dipilih untuk berpartisipasi dalam penelitian deskriptif potong-lintang berdasarkan metode pengambilan sampel non-random judgemental. Data dikumpulkan melalui pengukuran tekanan darah, berat badan dan tinggi badan, dan wawancara untuk semua faktor-faktor risiko hipertensi. Dari 37 responden, 22 (59.5%) responden menderita hipertensi. Diantara 22 responden yang hipertensi, (rerata usia: 64.9 tahun), 81.8% adalah wanita, 4.5% memiliki riwayat gangguan ginjal, 4.5% memiliki riwayat penyakit jantung, 9.1% memiliki riwayat stroke, dan 31.8% memiliki riwayat hipertensi di keluarga. Dari 22 responden yang hipertensi, tidak ada responden yang mengkonsumsi minuman ber-alkohol; namun 22.7% adalah perokok, 22.7% mengkonsumsi minuman berkafein, 72.7% kurang berolahraga dan 40.9% kelebihan berat badan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rumawas, Marcella E.
Uncontrolled Keywords: hipertensi, tekanan darah, faktor risiko, lansia
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:11
Last Modified: 28 May 2024 02:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28184

Actions (login required)

View Item View Item