HUBUNGAN STRES DENGAN PRESTASI AKADEMIK DI SMA DIAKONIA JAKARTA

TAMARA, JESSICA (2015) HUBUNGAN STRES DENGAN PRESTASI AKADEMIK DI SMA DIAKONIA JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Stres merupakan suatu fenomena respon tubuh yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang dapat memberikan dampak positif (eustress) maupun negatif (distress). Stres dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik seseorang. Penelitian dilakukan di sekolah SMA Diakonia dengan subjek siswa/siswi tahun ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara stres dengan prestasi akademik, sehingga dampak negatif dari stres dapat diturunkan dan meningkatkan dampak positifnya. Desain studi yang digunakan pada penelitian ini dengan penggunaan kuesioner DASS 42 pada bulan Desember 2013 yaitu cross sectional yang memiliki subjek sebanyak 76 siswa dilakukan pengambilan sampel secara consecutive non random sampling. Dari hasil uji statistik yang didapatkan sebanyak 27 siswa (35.52%) mengalami stres, 49 siswa (64.47%) tidak mengalami stres. Prestasi akademik siswa yang mengalami stres dengan nilai rata-rata kurang dari 75 sebanyak 5 siswa dan 22 siswa mengalami stres dengan nilai rata-rata lebih dari 75. Terdapat hubungan yang bermakna antara stres dengan prestasi akademik dengan nilai p value = 0.019 (p < 0.05), memiliki resiko 9.25 kali lebih besar untuk mendapatkan nilai rata-rata kurang dari 75. Disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan faktor resiko lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Chris, Arlends
Uncontrolled Keywords: stres, prestasi akademik, DASS 42, eustress, distress
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:11
Last Modified: 28 May 2024 02:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28193

Actions (login required)

View Item View Item