PENGARUH INPUT BRICOLAGE DAN MARKET BRICOLAGE TERHADAP KINERJA PENJUALAN UKM YANG BEROPERASI SECARA ONLINE DI PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE

MILETA, NURIEL (2021) PENGARUH INPUT BRICOLAGE DAN MARKET BRICOLAGE TERHADAP KINERJA PENJUALAN UKM YANG BEROPERASI SECARA ONLINE DI PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari input bricolage dan market bricolage terhadap kinerja penjualan usaha yang beroperasi secara online di platform e-commerce pihak ketiga. Dengan menggunakan beberapa jenis entrepreneurial bricolage yang ada, penelitian ini menjelaskan bagaimana usaha dapat mengatasi masalah jika mereka memiliki kendala mengenai sumber daya. Hubungan input bricolage, market bricolage, dan kinerja penjualan diteliti melalui teori kewirausahaan dan pandangan berbasis sumber daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pengumpulan data dengan menggunakan purposive sampling dalam pemilihan responden dan teknik analisis data Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM PLS) menggunakan bantuan software SmartPLS versi 3.0. Data survei dikumpulkan dari penyebaran kuesioner online dengan google form yang dibagikan kepada 30 toko online yang beroperasi di platform e-commerce pihak ketiga dengan jumlah rata-rata pengguna aktif tertinggi di Indonesia, Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh input bricolage terhadap kinerja penjualan. Sedangkan, market bricolage tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja penjualan. Penelitian ini memberikan tambahan pemahaman bagi literatur entrepreneurial bricolage dengan berbagai pengaruh dari jenis entrepreneurial bricolage terhadap kinerja usaha. Hasil dari penelitian juga memberikan sumbangan pemikiran dan bahan evaluasi bagi UKM dalam memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif dan mengatasi tantangan mengenai sumber daya melalui berbagai jenis entrepreneurial bricolage. Kata kunci: Entrepreneurial Bricolage, Toko Online, E-commerce, Kinerja Usaha. Pembimbing: LOUIS UTAMA S.E., M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 May 2021 06:45
Last Modified: 04 Apr 2023 04:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28194

Actions (login required)

View Item View Item