PENGARUH FAKTOR MAKROEKONOMI DAN MIKROEKONOMI TERHADAP RISIKO SAHAM SERTA KORELASINYA DENGAN RETURN SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007 – 2009

Silviana, Silviana (2012) PENGARUH FAKTOR MAKROEKONOMI DAN MIKROEKONOMI TERHADAP RISIKO SAHAM SERTA KORELASINYA DENGAN RETURN SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007 – 2009. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Silviana 115080174 JA.pdf

Download (412kB)

Abstract

Sebelum melakukan investasi saham, seorang investor perlu memastikan bahwa investasi tersebut akan memberikan return atau tingkat pengembalian yang diharapkan dan mengandung tingkat risiko yang kecil. Ada dua faktor yang mempengaruhi besar atau kecilnya tingkat risiko saham, yaitu faktor makroekonomi dan mikroekonomi. Faktor makroekonomi meliputi produk domestik bruto, inflasi, dan suku bunga. Sedangkan faktor mikroekonomi meliputi debt equity ratio, total asset turnover, dan asset growth. Untuk mengukur risiko digunakan koefisien beta saham. Beta saham dapat dihitung dengan menggunakan regresi Ordinary Least Square (OLS) berdasarkan persamaan Single Index Model. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji faktor makroekonomi dan mikroekonomi apa saja yang mempengaruhi risiko saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Variabel independen yang diteliti antara lain produk domestik bruto, inflasi, suku bunga, debt equity ratio, total asset turnover, dan asset growth. Variabel dependen yang diteliti adalah risiko saham. Penelitian ini akan dilakukan pada saham perusahaan-perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2007 – 2009. Dari 151 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, diketahui sebanyak 52 perusahaan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap risiko saham. Selain itu, berdasarkan hasil pengujian korelasi dapat diketahui bahwa risiko saham memiliki korelasi yang positif dan signifikan dengan return saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 May 2021 07:14
Last Modified: 10 May 2023 08:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28218

Actions (login required)

View Item View Item