HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN DI PUSKESMAS BALAI AGUNG SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN PERIODE JANUARI 2014 - JANUARI 2015

SUHERMAN, INTAN (2015) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN DI PUSKESMAS BALAI AGUNG SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN PERIODE JANUARI 2014 - JANUARI 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kontrasepsi suntik adalah metode kontrasepsi yang telah menjadi bagian dari metode Keluarga Berencana yang peminatnya mekin bertambah. Salah satu kontrasepsi suntik yang digunakan adalah Depo-Medroksiprogesteron asetat (DMPA). DMPA berisi MPA 150 mg diberikan melalui suntikan intramuscular (IM) memiliki efektifitas tinggi dan reversibilitas selama lebih kurang 3 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan KB suntik DMPA dengan penigkatan berat badan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitk dan design kohort prospektif mengenai fenomena penggunaan DMPA dengan peningkatan berat badan di Puskesmas Balai Agung Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan Periode Januari 2014 – Januari 2015. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara concecutive non-random sampling dimana subjek adalah perempuan yang menggunakan KB suntik 3 bulan yang memenuhi kriteria inklusi penelitian. Data pasien diambil dari rekam medis yang diperoleh dan dianalisa menggunakan metode uji T berpasangan yang diolah dengan program SPSS-17. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari 97 responden yang menggunakan KB suntik DMPA terdapat 74 akseptor baru yang mengalami peningkatan berat badan dan perbedaan rerata BB sebelum dan setelah 6 bulan penggunaan KB suntik DMPA adalah 0,81 kg dengan p-value 0,000. Ada hubungan antara penggunaan KB suntik DMPA dengan peningkatan berat badan. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya. Melalui penelitian ini petugas kesehatan dapat memberikan konseling yang tepat pada akseptor agar waspada terhadap efek samping DMPA atau bila perubahan berat badan mencolok dapat dianjurkan untuk menggunakan metode kontrasepsi lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yapri,Julius Chandra
Uncontrolled Keywords: Kontrasepsi DMPA, Peningkatan Berat Badan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:10
Last Modified: 28 May 2024 02:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28227

Actions (login required)

View Item View Item