HUBUNGAN CARA PERSALINAN SECTIO CAESAREA DENGAN DERMATITIS ATOPIK PADA ANAK DI RSAB HARAPAN KITA, JAKARTA BARAT PERIODE JANUARI – APRIL 2015

WUNDIAWAN, KRISTIAN FELIX (2015) HUBUNGAN CARA PERSALINAN SECTIO CAESAREA DENGAN DERMATITIS ATOPIK PADA ANAK DI RSAB HARAPAN KITA, JAKARTA BARAT PERIODE JANUARI – APRIL 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sectio caesarea merupakan proses persalinan yang sudah menjadi tren di dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya angka kejadian sectio caesarea di Indonesia. Angka tersebut lebih besar 0,3% dari yang ditetapkan World Health Organization (WHO). Pada penelitian sebelumnya didapatkan bahwa cara persalinan sectio caesarea merupakan salah satu faktor risiko terjadinya dermatitis atopik pada anak. Hal ini menjadi dasar dilakukannya penelitian ini yaitu apakah adanya hubungan antara cara persalinan sectio caesarea dengan dermatitis atopik pada anak. Sampel penelitian ini dibatasi dalam satu lingkup populasi yaitu di RSAB Harapan Kita Jakarta. Penelitian ini bersifat analitik cross-sectional, dengan metode non-random consecutive sampling dan wawancara dengan kuesioner. Kemudian data diuji secara statistik dengan pearson chi-square dan perhitungan risiko dengan prevalence ratio (PR). Sampel diperoleh sebanyak 171 responden berusia 0 bulan – 7 tahun. Sebanyak 19 responden (18,6%) dari 102 responden dengan riwayat cara persalinan sectio caesarea mempunyai dermatitis atopik dan 8 responden (11,6%) dari 69 responden yang mempunyai riwayat persalinan vaginal mempunyai dermatitis atopik. Pada hasil penelitian ini tidak didapatkan adanya hubungan yang bermakna antara cara persalinan sectio caesarea dengan respon alergi (dermatitis atopik) pada anak di RSAB Harapan Kita periode Januari – April 2015 (p-value > 0,05). Responden dengan riwayat cara persalinan sectio caesarea mempunyai risiko 1,607 (PR = 1,607) kali lebih tinggi untuk terjadinya dermatitis atopik dibandingkan dengan riwayat vaginal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dewi, Sari Maryati
Uncontrolled Keywords: sectio caesarea, alergi, dermatitis atopik
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:10
Last Modified: 28 May 2024 02:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28230

Actions (login required)

View Item View Item