Efektivitas Mediasi Dalam Kasus Perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Barat Menurut Perma No. 1 Tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan

Sinaga, Ferrysman (2018) Efektivitas Mediasi Dalam Kasus Perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Barat Menurut Perma No. 1 Tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (117kB)
[img] Text
2.Lembar Pengesahan.pdf

Download (359kB)
[img] Text
3.Lembar Persetujuan.pdf

Download (217kB)
[img] Text
5.Daftar Isi,abstrak,singkatan.pdf

Download (148kB)
[img] Text
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)

Abstract

Manusia membutuhkan manusia lain dalam segala aspek kehidupannya. Manusia adalah makhluk sosial. Manusia membutuhkan manusia lain untuk hidup bersama dalam suatu kehidupan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik yang bersifat jasmani maupun rohani, yang melahirkan suatu hubungan yaitu hubungan yang bersifat individual dan hubungan yang bersifat kolektif melalui perkawinan. Dalam perkawinan sering kali terjadi konflik antar individu yang menimbulkan perceraian. Penulis mengangkat kasus dari Pengadilan Agama Jakarta Barat, dengan menekankan pada efektivitas mediasi terkait kasus perceraian yang menurut Penulis belum maksimal, hal tersebut diperkuat dengan adanya data yang diperoleh dari Pengadilan Agama Jakarta Barat. Terbitnya Perma Nomor 1 Tahun 2016 ini bertujuan meningkatkan keberhasilan mediasi di pengadilan agama, khususnya di dalam kasus perceraian. Karena di dalam kasus ini sering terjadinya tidak berhasilnya mediasi sehingga kasus tersebut lanjut ke sidang berikutnya. Didalam Pengadilan Agamapun sering terjadinya proses mediasi yang dilakukan bertele-tele tidak menggunakan asas cepat dan biaya ringan sehingga proses mediasi tersebut sering dilanggar oleh pihak pengadilan. Bagaimana efektivitas mediasi dalam kasus perceraian di pengadilan Agama Jakarta Barat menurut Perma No 1 Tahun 2016 tentang prosedur Mediasi di Pengadilan? Sebaiknya Hakim mediator untuk melakukan mediasi terhadap kedua belah pihak yang bermasalah harus mendengarkan permalahan tersebut dan memahami karakter manusianya apa penyebab permaslahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. St Atalim. S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Manusia, Perkawinan, Perceraian, Perma No.1 Tahun 2016 Prosedur Mediasi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 06 May 2021 07:40
Last Modified: 06 May 2021 07:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28265

Actions (login required)

View Item View Item