Unjuk Kerja Mesin Diesel Terhadap Pengaruh Penambahan Turbocharger

Dami, Rasdy Yunandi Christianto (2021) Unjuk Kerja Mesin Diesel Terhadap Pengaruh Penambahan Turbocharger. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
515150042_Rasdy Yunandi C Dami_01 Cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
515150042_Rasdy Yunandi C Dami_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (573kB)
[img] Text
515150042_Rasdy Yunandi C Dami_04 Daftar Isi.pdf

Download (345kB)
[img] Text
515150042_Rasdy Yunandi C Dami_03 Abstrak.pdf

Download (231kB)

Abstract

Turbocharger adalah kompresor udara yang didesain untuk memanfaatkan energi yang terkandung dalam gas buang yang tidak terpakai .Karena turbocharger menggunakan energi yang tersimpan dalam gas buang, maka daya keluaran/output dari mesin dapat meningkat tanpa mempengaruhi efisiensi dari kerja engine itu sendiri. Turbocharger dilengkapi dengan waste gate valve yang berfungsi untuk mengontrol tekanan udara yang masuk (boost pressure) dan ada pula yang dilengkapi dengan inter-cooler yang berfungsi untuk menurunkan temperatur udara yang masuk ke silinder sehingga kerja spesifik pada saat proses pembakaran dapat meningkat.Udara yang dihisap masuk ke dalam silinder oleh compressor wheel ini memiliki tekanan yang lebih besar dibandingkan tekanan atmosfir, sehingga menyebabkan bertambahnya kepadatan udara di dalam ruang bakar. Engine yang tidak menggunakan turbocharger, efisiensi pengisian udara yang dihisap ke silinder hanya 65% - 85%, hal ini dikarenakan pengaruh tahanan pada sistem saluran hisap dan adanya gas buang yang tersisa pada sistem pembuangan. Dengan menggunakan turbocharger, mesin diharapkan memiliki efisiensi pengisian udara yang lebih sehingga daya yang dihasilkan juga ikut meningkat. Turbocharger membuat mesin mampu membakar lebih banyak bahan bakar dan udara dengan memasok lebih banyak udara kedalam ruang bakar. Jenis tenaga pendorong yang dapat dipasok dari sebuah Turbocharger berkapasitas 6 sampai 8 psi, Dengan tekanan atmosfir normal (14,7 psi) dam mendapatkan lebih dari sekitar 30% udara lebih banyak kedalam ruang bakar sehingga akan menghasilkan lebih dari 30% tenaga lebih besar Penggunaan Turbocharger untuk meningkatkan kemampuan kerja mesin ternyata lebih ekonomis dibandingkan dengan mesin diesel tanpa turbocharger.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 06 May 2021 16:43
Last Modified: 06 May 2021 16:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28357

Actions (login required)

View Item View Item