HUBUNGAN POLA MAKAN RENDAH SERAT DENGAN TERJADINYA APENDISITIS AKUT DI RUMAH SAKIT SUMBER WARAS PADA PERIODE SEPTEMBER 2014 – FEBRUARI 2015

SUNHAJI, VALERIE (2015) HUBUNGAN POLA MAKAN RENDAH SERAT DENGAN TERJADINYA APENDISITIS AKUT DI RUMAH SAKIT SUMBER WARAS PADA PERIODE SEPTEMBER 2014 – FEBRUARI 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Apendisitis akut merupakan salah satu kasus tersering ditemukan dalam bedah abdomen. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya apendisitis akut salah satunya adalah kebiasaan pola makan rendah serat setiap harinya. Konsumsi rendah serat dapat membuat konsentrasi feses menjadi lebih kering sehingga akan menimbulkan obstruksi (fekalit) dan akan memacu terjadinya apendisitis. Penelitian ini bersifat analitik cross-sectional dengan menggunakan metode pengumpulan data consecutive random sampling dan melakukan wawancara berdasarkan lembar kuisioner yang akan diberikan. Data yang diperoleh berasal dari uji Chi square yang signifikan dan perhitungan risiko dengan Prevalence Ratio (PR). 138 repondent tersebut terdiri dari 69 pasien apendisitis dan 69 lainnya lagi adalah keluarga pasien. Dari 138 responden tersebut, didapatkan 113 responden yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi rendah serat setiap harinya dan 63 (55.8%) responden yang telah dilakukan appendektomi di Rumah Sait Sumber Waras. Dari hasil penelitian ini, ditemukan adanya hubungan yang bermakna antara konsumsi rendah serat dengan terjadinya apendisitis di Rumah Sakit Sumber Waras (P=0,004). Responden yang mengkonsumsi rendah serat setiap harinya memiliki risiko 3.99 kali lebih besar (PR=3.99) untuk terkena apendistis dibandingkan dengan responden yang mengkonsumi cukup serat. Penelitian ini dikatakan bermakna dikarenakan didapatkan p–value <0.05. Direkomendasikan untuk keluarga pasien untuk menaikan konsumsi serat setiap harinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Limas, Peter Ian
Uncontrolled Keywords: Apendisitis akut, pola makan rendah serat, fekalit.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:09
Last Modified: 28 May 2024 02:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28417

Actions (login required)

View Item View Item