Analisis Perbuatan Melawan Hukum dalam Akta Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) Tanah antara Koko Purnomo Santoso dengan PT. Intan Plaza Adika (Studi Kasus: Putusan Mahkamah Agung Nomor 17/K/Pdt/2016)

Widjaja, Haryati (2018) Analisis Perbuatan Melawan Hukum dalam Akta Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) Tanah antara Koko Purnomo Santoso dengan PT. Intan Plaza Adika (Studi Kasus: Putusan Mahkamah Agung Nomor 17/K/Pdt/2016). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
cover.pdf

Download (107kB)
[img] Text
siap di uji.pdf

Download (300kB)
[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
ABSTRAK-skripsi sidang.pdf

Download (86kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (147kB)

Abstract

Perjanjian diatur dalam buku III KUHPer dengan sistem terbuka dengan demikian, setiap orang bebas untuk membuat perjanjian tentang apa saja dan dengan siapa saja selama tidak bertentangan dengan Undang-undang, kesusilaan dan ketertiban umum. Perjanjian merupakan suatu perbuatan dimana satu orang atau lebih mengikatkan diri. Berdasarkan namanya perjanjian dibedakan menjadi 2(dua) macam, yaitu nominaat (perjanjian bernama) dan innominaat (perjanjian tak bernama), Perjanjian innominaat lahir karena adanya asas kebebasan berkontrak. Salah satu contoh perjanjian tak bernama ialah PPJB. Janji – janji yang terdapat di dalam PPJB diatur sesuai kehendak para pihak, namun isi dari PPJB tetap tidak boleh menyimpang dari Undang-undang, Kesusilaan dan Ketertiban Umum. Namun, dalam praktiknya tentu saja banyak yang tidak sesuai dengan teore seperti kasus PPJB yang dibuat antara Koko Purnomo Santoso dengan PT. Intan Plaza Adika, PPJB tersebut mengatur mengenai objek jual beli yang diperoleh Koko dengan menjual tanah milik ayahnya yang bernama Alie Santoso tanpa izin dari ayahnya terlebih dahulu dan setelah mengetahui perbuatan anaknya Alie Santoso langsung melapor kepada pihak berwajib dan memprosesnya sampai pada persidangan. Setelah diproses secara pidana, Koko Purnomo Santoso dijatuhi hukuman pidana kurang lebih empat tahun dan tanah-tanah yang dijual dikembalikan kepada Alie Santoso dan ahli waris yang berhak selain Koko Purnomo Santoso. Akan tetapi setelah mengetahui hal tersebut PT. Intan Plaza Adika tetap bersikeras agar PPJB tersebut tetap dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hanafi Tanawijaya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perbuatan Melawan Hukum, PPJB
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 07 May 2021 03:34
Last Modified: 07 May 2021 03:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28461

Actions (login required)

View Item View Item