Perlindungan Hukum Konsumen Dalam Hal Pelaku Usaha Pengembang Rumah Susun Yang Sudah Dinyatakan Pailit (Studi Terhadap Kemanggisan Residence)

Illona, Illona (2018) Perlindungan Hukum Konsumen Dalam Hal Pelaku Usaha Pengembang Rumah Susun Yang Sudah Dinyatakan Pailit (Studi Terhadap Kemanggisan Residence). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Judul.pdf

Download (23kB)
[img] Text
tanda persetujuan skripsi.pdf

Download (77kB)
[img] Text
tanda pengesahan Skripsi.pdf

Download (97kB)
[img] Text
tanda pengesahan Skripsi.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB)

Abstract

Kebutuhan rumah susun saat ini semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk dan keterbatasan kesediaan lahan. Permintaan rumah susun tersebut dimanfaatkan oleh pelaku usaha pengembang untuk membangun dan memasarkan rumah susun di masyarakat. Namun, dengan keinginan pengembang yang tinggi dalam memenuhi permintaan rumah susun tidak selalu sejalan dengan kebutuhan konsumen akan tempat tinggal yang layak dan memiliki jaminan kepastian hukum. Karena itu penulis mengajukan permasalahan tentang bagaimana perlindungan hukum preventif dan represif bagi konsumen dalam hal pelaku usaha pengembang rumah susun yang sudah dinyatakan pailit dilihat dari perspektif Hukum Pelindungan Konsumen? Penulis meneliti permasalahan tersebut dengan metode penelitian untuk keperluan akademis dengan teknik pengumpulan data kepustakaan. Setelah dilakukan penelitian perlindungan hukum konsumen secara preventif telah diatur dalam UU No. 8 Tahun 1999. Akan tetapi dengan UUPK belum maksimal memberikan perlindungan secara maksimal kepada konsumen dalam hal kepailitan. Hak-hak konsumen yang dirugikan telah memberikan ketidakpastian bagi konsumen yang akan membeli rusun. Banyaknya pengembang yang memiliki kegiatan usaha di bidang rusun melakukan kegiatannya dengan tidak beritikad baik. Sedangkan perlindungan hukum secara represif dalam upaya perlindungan konsumen juga telah diatur dalam UUPK. Penyelesaiannya dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar pengadilan. Akan tetapi prosedur penyelesaiannya belum sedemikiannya diatur sehingga meninggalkan celah bagi pelaku usaha untuk menghindari dari tanggung jawab untuk mengganti rugi kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Anna Maria Tri Anggraini, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Perlindungan Konsumen, Pailit, Pengembang, Rumah Susun
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 07 May 2021 03:42
Last Modified: 07 May 2021 03:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28466

Actions (login required)

View Item View Item