Penentuan Kewenangan Arbitrase Dikaitkan dengan Pemanfaatan Denial Of Benefits Clause Dalam Putusan Limited Liability Company AMTO v Ukranie, SCC Case No. 080/2005 dan Plama Consortium Limited v Republic Of Bulgaria, ICSID Case No. ARB/03/24

Sandy, Isabella (2018) Penentuan Kewenangan Arbitrase Dikaitkan dengan Pemanfaatan Denial Of Benefits Clause Dalam Putusan Limited Liability Company AMTO v Ukranie, SCC Case No. 080/2005 dan Plama Consortium Limited v Republic Of Bulgaria, ICSID Case No. ARB/03/24. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Tanda Pengesahan dan Persetujuan Skripsi Siap Diuji.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Dafpus.pdf

Download (397kB)

Abstract

Penulisan ini membahas pengaturan denial of benefits clause dalam Energy Charter Treaty dan penerapannya dalam menentukan kewenangan arbitrase. Denial of Benefits clause merupakan klausul yang memperbolehkan host state untuk tidak memberikan perlindungan dan keuntungan lainnya kepada investor asing dengan persyaratan sebagaimana diatur dalam perjanjian investasi. Klausul ini telah digunakan oleh berbagai lembaga arbitrase untuk menerima ataupun menolak sengketa investasi yang diajukan kepadanya. Untuk menganalisis permasalahan ini, digunakan penelitian hukum untuk keperluan akademis dengan analisis Putusan Limited Liability Company AMTO v Ukranie, SCC Case No. 080/2005 dan Plama Consortium Limited v Republic of Bulgaria, ICSID Case No. ARB/03/24. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya persamaan dan perbedaan tindakan yang diambil oleh majelis arbitrase yang berbeda dalam memutuskan denial of benefits clause dari Energy Charter Treaty. Dengan demikian, ketidakseragaman pertimbangan majelis arbitrase menimbulkan suatu dilema dan ketidakpastian hukum di dalam dunia arbitrase investasi internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Cut Memi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Denial of benefits clause, investasi, Energy Charter Treaty, ICSID, SCC
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 07 May 2021 04:12
Last Modified: 07 May 2021 04:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28482

Actions (login required)

View Item View Item