Peningkatan Kualitas Kedai Kopi dengan Menggunakan Modifikasi Mesin Sangrai Kopi Kapasitas 400-600 Gram Biji Kopi di Jabodetabek dengan Metode Reverse engineering

Taek, Guswiyanta (2020) Peningkatan Kualitas Kedai Kopi dengan Menggunakan Modifikasi Mesin Sangrai Kopi Kapasitas 400-600 Gram Biji Kopi di Jabodetabek dengan Metode Reverse engineering. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545140014_Guswiyanta Taek_01 Cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
545140014_Guswiyanta Taek_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (251kB)
[img] Text
545140014_Guswiyanta Taek_03 Abstrak.pdf

Download (55kB)
[img] Text
545140014_Guswiyanta Taek_04 Daftar Isi.pdf

Download (54kB)

Abstract

Mesin sangrai kopi atau biasa di sebut coffee roaster adalah alat bantu untuk memasak biji kopi yang sudah terfermentasi waktu proses cherry coffee menjadi biji kopi secara terukur dan terkendali. Kedai kopi memiliki kendala dalam memenuhi bahan biji kopi itu sendiri dengan menggunakan mesin sangrai kopi yang biasanya hanya bisa memasak 400 gram, sehingga dalam memenuhi kebutuhan akan keterbatasan bahan biji kopi, kedai kopi membeli biji kopi yang sudah dimasak dengan harga yang lebih mahal. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini akan dirancang dan dibuat suatu mesin sangrai kopi guna membantu kedai kopi dalam memenuhi kebutuhan pasokan biji kopi dalam membantu usaha kedai kopi tersebut. Reverse Engineering (rekayasa balik) merupakan proses analisis produk yang sudah ada sebagai acuan untuk merancang produk sejenis dengan memperkecil dan meningkatkan keunggulan produk. Penelitian dimulai dengan penentuan topik yang akan dibahas lalu dilanjutkan dengan studi literature sebagai dasar apa saja yang akan dibahas dan diamati dari proses kerja. Kegiatan Reverse Engineering dilakukan dengan cara membongkar dan memasang kembali mesin sangrai kopi lama, Benchmarking, Design mesin sangrai yang baru, dan yang terakhir adalah Protyping. Setelah dilakukan penelitian didapat rancangan mesin sangrai yang dapat mengasilkan mesin sangrai kopi yang lebih cepat dalam proses sangrai kopi dengan perbedaan berat kopi sebanyak 200 gram lebih banyak pada mesin sangrai kopi setelah dimodifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 07 May 2021 04:55
Last Modified: 25 Aug 2022 08:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28503

Actions (login required)

View Item View Item