Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Rasberi (Rubus idaeus L) Terhadap Kadar MDA Hati dan Darah Tikus SpragueDawley yang Diinduksi Hipoksia Sistemik Kronik

SIA, Ria Nata (2019) Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Rasberi (Rubus idaeus L) Terhadap Kadar MDA Hati dan Darah Tikus SpragueDawley yang Diinduksi Hipoksia Sistemik Kronik. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oksigen merupakan elemen penting dalam keberlangsungan hidup. Hipoksia merupakaan kondisi dimana kandungan oksigen relatif rendah di dalam tubuh. Keadaan hipoksia meningkatkan pembentukan radikal bebas dan mencetuskan stres oksidatif. Radikal bebas mempunyai peran penting dalam proses patologis organ hati. Radikal bebas berpotensi menginduksi peroksidasi lipid. Malondialdehida (MDA) merupakan salah satu hasil final dari peroksidasi lipid yang dapat diukur kadarnya. Daun rasberi (Rubus idaeus L) mengandung antioksidan yang mampu menekan radikal bebas sehingga dapat meminimalisir kerusakan organ hati. Penelitian ini memiliki desain eksperimental dengan uji in vitro dan uji in vivo. Uji in vitro meliputi uji fitokimia dengan metode Harbone, uji kapasitas antioksidan dengan metode Blois, uji kadar fenolik total dengan metode Singleton dan Rossi, uji kadar alkaloid total dengan metode Trivedi, dan uji toksisitas dengan metode BSLT. Sementara uji in vivo dengan menggunakan sampel tikus putih SpragueDawley berjumlah 32 ekor menurut rumus Federer dan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok uji yang diberikan ekstrak daun rasberi dan kelompok kontrol yang tidak diberikan ekstrak daun rasberri. Setiap kelompok memiliki empat sub-kelompok dengan jenis perlakuan yang berbeda, yaitu normoksia(tidak hipoksia), hipoksia 1 hari, hipoksia 7 hari, dan hipoksia 14 hari. Pemeriksaan kadar MDA hati dan darah dilakukan dengan metode Wills E.D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rizal, Helmi
Uncontrolled Keywords: daun Rubus idaeus L, Malondialdehida (MDA), stres oksidatif, hati, Sprague-Dawley
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:42
Last Modified: 27 May 2024 13:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28507

Actions (login required)

View Item View Item